Show simple item record

dc.contributor.authorFauzi, Ridho Andi
dc.date.accessioned2023-09-12T01:56:39Z
dc.date.available2023-09-12T01:56:39Z
dc.date.issued2023-07-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8076
dc.description.abstractKarakter religius di MTsN 3 Malang adalah siswa atau siswi yang menunjukkan komitmen dan perilaku yang mencerminkan keyakinan dan nilai-nilai agama. Berikut adalah beberapa contoh karakter religius di MTsN 3 Malang adalah, rajin beribadah, jujur, santun dan menghargai, mampu bersifat sabar, menjunjung kasih saying. Semua karakter tersebut mencerminkan bagaimana seseorang siswa yang religius dapat membawa dampak positif dilingkungan madrasah dan masyarakat sekitar mereka. Penting untuk diingat bahwa karakter religius tidak hanya berfokus pada aspek ritual dan ibadah, tetapi juga pada sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai agama yang diajarkan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Strategi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa di MTsN 3 Malang. (2) Imolementasi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa di MTsN 3 Malang. (3) Evaluasi guru akidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa di MTsN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dengan pendekatan deskriptif yang bertempat di MTsN 3 Malang. Subjek peneliti ini adalah guru akidah akhlak, kepala madrasah, wakakurikulum, guru BK dan siswa, Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber sata skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari konsiden data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, tringulasi, dan teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Membuat perangkat pembelajaran berbasis karakter, perencanaan kegiatan keagamaan harian dan bulanan, perencanaan peringatan hari-hari besar islam (PHBI), perencanaan lingkungan madrasah yang berkarakter religius. (2) Langkah pertama yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, dimana pada tahap ini peserta didik diharapkan mempunyai kemampuan dalam pemahaman tentang nilai-nilai. Dengan pemahaman yang dimiliki peserta didik diharapkan dapat membedakan nilai-nilai dalam akhlak terpuji dan akhlak tercela secara logis dan rasional sehingga peserta didik dapat mencari sosok yang bisa dijadikan teladan dalam berakhlak terpuji seperti Rasulullah SAW. (3) Guru akidah akhlak adalah dengan kerjasama dengan para guru mata pelajaran lain, kepala madrasah, tenaga kependidikan serta seluruh stakeholder serta orang tua dalam satu bulan sekali guna mendiskusikan perkembangan siswa untuk evaluasi tentang kegiatan dan pembelajaran yang telah diterapkan. Guru akidah akhlak menerapkan hukuman kepada para siswa yang tidak menjalankan disiplin dengan baik dalam mengikuti kegiatan. Untuk mengatasi pengaruh lingkungan dengan jalan menekankan bergaul dengan teman teman yang cenderung kepada kebaikan dan membatasi berperilaku kurang baik yang dilakukan oleh orang tua dan lingkungan sekitar. Memberi motivasi dan dorongan untuk berani dan bersemangat dalam menerima pelajaran tanpa harus dibebani rasa takut terutama materi agamaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Guru Akidah Akhlaken_US
dc.subjectKarakter Religius Siswaen_US
dc.titleStrategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTsN 3 Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record