Show simple item record

dc.contributor.authorPahlevi, Ahmad Fausi Resa
dc.date.accessioned2023-09-14T01:47:31Z
dc.date.available2023-09-14T01:47:31Z
dc.date.issued2023-04-04
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8077
dc.description.abstractMateri Pendidikan Agama Islam yang diajarkan di Madrasah Aliyah dan Madrasah Diniyah Nurul Ulum Malang terpisah-pisah dan sering terjadi tumpang tindih materi. Sehingga meskipun banyak materi yang telah dipelajari, peserta didik tidak dapat memahami materi secara mendalam. Oleh karena itu dilaksanakan integrasi kurikulum agar pembelajaran menjadi efisien dan menjadikan peserta didik memahami materi Pendidikan Agama Islam secara mendalam dengan memahami dalil Al-Qur’an Hadits dan penjelasan ulama’ di dalam kitab kuning (tanpa harakat) yang dipelajari di Madrasah Diniyah Nurul Ulum Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan memberi interpretasi terhadap perencanaan, integrasi, serta evaluasi integrasi kurikulum Madrasah Aliyah dan Madrasah Diniyah Nurul Ulum Malang dalam materi Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Nurul Ulum Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus observasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dianalisis dengan cara pengumpulan, kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan integrasi materi Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah dan Madrasah Diniyah dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah Nurul Ulum Malang dilaksanakan melalui perumusan tujuan, penentuan materi yang diintegrasikan, penyatuan Kompetensi Dasar (KD), penentuan topik pemersatu,penyusunan indikator, silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) Integrasi materi Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah dan Madrasah Diniyah dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah Nurul Ulum Malang dilaksanakan melalui tahap introduksi, tahap inti, dan tahap penutup, 3) Evaluasi integrasi materi Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah dan Madrasah Diniyah dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah Nurul Ulum Malang dilaksanakan dengan teknik evaluasi tes dan non tes. Serta menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian kompetensi pengetahuan, penilaian kompetensi sikap dan penilaian kompetensi keterampilanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectIntegrasi Kurikulumen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleIntegrasi Materi Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah dan Madrasah Diniyah dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah Nurul Ulum Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record