Show simple item record

dc.contributor.authorSugiarto, Totok
dc.date.accessioned2023-09-14T01:56:29Z
dc.date.available2023-09-14T01:56:29Z
dc.date.issued2023-07-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8079
dc.description.abstractNaluri manusia memiliki kecenderuangan cinta dan peduli terhadap kelompoknya. Pelajar berkarakter cinta tanah air, akan berusaha membela komunitasnya dan tidak rela jika kelompoknya direndahkan. Namun adanya anomali berupa penyimpangan-penyimpangan atau lunturnya nilai-nilai karakter cinta tanah air adalah hal yang tidak dapat dipungkiri sebagaimana yang terjadi pada pelajar Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Akibat derasnya arus globalisasi dengan pesatnya teknologi dan informasi, ikut berperan mengikis rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Fokus penelitian terdiri atas tiga, yaitu jenis nilai nilai karakter cinta tanah air yang dinternalisasikan, perencanaan internalisasinya, dan prosesnya internalisasinya melalui Rumpun Mata Pelajaran PAI di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasi terhadap ketiga fokus penelitian di atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu bersumber dari kegiatan pembelajaran rumpun Mata Pelajaran Agama Islam kelas XI Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan metode tersebut peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan jenis nilai-nilai katakter cinta tanah air yang diinternalisasikan adalah nilai-nilai karakter cinta tanah air yang termuat dalam KI-KD dari rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diklasifikasi menjadi tiga aspek yaitu, aspek bela negara, aspek toleransi, dan aspek taat pada peraturan dan norma. 2). Perencanaan internalisasinya, mengacu pada perencanaan pembelajaran menurut Dick & Carey dengan hasil secara umum berkategori baik karena sebagain besar unsur-unsurnya terpenuhi. 3) Proses internalisasinya melalui tahapan-tahapan berupa: transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. Sedangkan strategi internalisasinya berupa keteladan, pembiasaan, ibrah dan amtsal, nasehat, targhib wa tarhib, kedisiplinan, moral reasoning, dan forecasting concequence. Saran dari peneliti kiranya penelitian ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat luas dan dapat bermanfaat bagi pengambilan keputusan lembaga pendidikan. Diharapkan bahwa penelitian ini dapat menjadi landasan penelitian selanjutnya atas apa yang belum tersentuh oleh penelitian inien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectNilai Karakter Cinta Tanah Airen_US
dc.subjectRumpun Mapel PAIen_US
dc.titleInternalisasi Nilai-Nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin Bangkalanen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record