Show simple item record

dc.contributor.authorFaiz, Mochammad
dc.date.accessioned2023-09-14T02:35:25Z
dc.date.available2023-09-14T02:35:25Z
dc.date.issued2023-07-12
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8101
dc.description.abstractPenelitian ini didasari pada pandangan bahwa Al-Qur`an merupakan fondasi utama sebagai petunjuk dalam segala lini kehidupan seorang Muslim Oleh karena itu, setiap jenjang pendidikan seorang Muslim harus dikontrol oleh Al-Qur`an Berbicara tentang Al-Qur`an, ulama sepakat bahwa Al-Qur`an adalah petunjuk yang terbaik dalam mengarungi kehidupan dunia lebih-lebih mempersiapkan diri untuk kehidupan akhirat.Jadi sangat tidak pantas,jikalau ada seorang Muslim belum mampu memahami dengan baik isi Al-Qur`an. Pemahaman tersebut akan lebih mudah didapatkan apabila memiliki kemampuan untuk membaca Al-Qur`an sangat baik. Seseorang mampu membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar jika mampu menguasai kaidah kaidah atau ilmu-ilmu yang ada di dalamnya,diantaranya ialah penguasaan terhadap ilmu tajwid.Berdasarkan pandangan tersebut, maka dalam penelitian ini akan mengkhususkan bagaimana implementasi pembelajaran ilmu tajwid dalam menunjang kemampuan membaca setiap Muslim.Jenjang pendidikan yang dibidik ialah pendidikan pesantren yaitu terhadap kemampuan santri. Hal ini berdasarkan pada pandangan bahwa agar menunjang kemampuan mereka di dalam menguasai bahasa arab dan kitab kuning. Penelitian ini dilakukan di Pesantren Darussaadah Al Islamy,dengan fokus penelitian bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi terhadap kemampuan membaca Al-Qur`an. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara detail, komprehensif, serta mendalam agar memahami perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan implementasi dari pembelajaran ilmu tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur`an bagi santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan, menggunakan metode studi kasus.Pengumpulan data dilakuaan dengan cara observasi,wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan teori Miles and Hubermen yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Kemudian pemeriksaan keabsahan data menggunakan teori triangulasi Hasil penelitian ini menjelaskan tentang; 1) perencanaan pembelajaran ilmu tajwid dalam program semarak literasi Al-Qur`an di mana terdapat dua kelas yakni kelas tahsin (khusus) dan kelas biasa.Kelas biasa memiliki standar kompetensi santri memiliki pengetahuan membaca Al-Qur`an sesuai tajwid dan kompetensi dasar menguasai karakteristik huruf hijaiyah hin gga pada hukum bacaan huruf putus dalam al- Qur’an.Sedangkan kelas tahsin memiliki standar lebih tinggi dibanding kelas biasa dan materi ajar lebih sulit seperti membahas bacaan khusus, naql. Tahsin, gharib. 2) pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid dalam program semarak literasi Al-Qur`an ialah apersepsi (penghayatan dan pengamatan mendalam kepada santri yang kemudian ditindaklanjuti dengan bersikap akrab kepada mereka agar dapat mengambil hati para santri ). Kegiatan awal yang berisi pembukaan, motivasi belajar, dan penjelasan tujuan belajar.Kegiatan inti yang dilakukan oleh instruktur SLA Pesantren Darussaadah ialah menjelaskan materi tajwid dan menulsikan di papan tulis, menyuruh santri mencatat apa yang ditulis oleh instruktur, membaca secara bersama-sama contoh bacaan ilmu tajwid yang sedang di bahas, menyuruh santri maju secara bergantian satu persatu untuk membaca ayat Al-Qur`an dan ditanya tentang tajwid dari ayat yang dibaca tersebut. Kemudian, penutup yang terdiri dari autenthic assesment (penilaian), clossing statement (penarikan kesimpulan), timbal balik, penjelasan materi selanjutnya, pemberian motivasi dan doa penutup pembelajaran. Evaluasi pembelajaran ilmu tajwid dalam program semarak literasi Al-Qur`an (SLA) terdiri dari dua bentuk, yaitu melalui tes (lisan dan tulis) dan non tes (wawancara, observasi, kuisioner, pengakuan).3)Implementasi pembelajaran ilmu tajwid dalam program semarak literasi Al-Qur`an terhadap kemampuan membaca Al-Qur`an santri dapat dilihat dari perubahan bacaan semakin fasih, menulisnya baik dan hafalanya pun juga semakin melekat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPembelajaran Ilmu Tajwiden_US
dc.subjectKemampuan baca Al Qur`anen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Terhadap Kemampuan Baca Al-Qur`an Santri dalam Program Semarak Literasi Al Qur`an di Pesantren Darussaadah Al Islamyen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record