dc.description.abstract | Dalam rangka menciptakan model pembelajaran agama islam (PAI) yang
efektif dan efektif, penedekatan active learning dalam pembelajaran perlu
dikembangkan dalam rangka meningkatkan prestasi dalam belajar. Fungsi
keaktifan dalam belajar dirasa sangat penting untuk memfungsikan otak secara
maksimal guna menganalisis teks secara kritis dalam pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus pada SMP Bayt Al Hikmah Pasuruan. Sumber data penelitian dari informan, peristiwa dan dokumen.
Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan interview.
Analisis data melalui analisis data kasus tunggal. Pengecekan keabsahan data
melalui triangulasi data, perpanjangan penelitian dan pembahasan teman sejawat.
Penelitian ini berusaha mengeksplorasi dan menganalisis dari segi efektifitas,
dimulai dari perencanaan model active learning dalam pembelajaran agama islam
(PAI), pelaksanaan pembelajaran agama islam (PAI) dengan model active learning,
serta evaluasi hasil pembelajaran agama islam (PAI). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran agama islam (PAI) dengan pendekatan active
learning dilakukan dengan tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran dan hasil evaluasi pembelajaran. Hasil dari pelaksanaan pembelajaran
ini adalah berkembangnya kemampuan dalam memecahkan masalah, kemampuan
berfikir kritis dan kreatif, mampu mengimplementasikan nilai-nilai akhlak dalam
penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan | en_US |