dc.description.abstract | Matematika merupakan bidang studi yang kaya tentang konsep.
Namun, kurangnya pemahaman konsep akan menjadi penghambat bagi
siswa dalam mengembangkan kreativitas, dan keterampilan penyelesaian
masalah matematika Salah satu bidang kajian matematika yang sering
dirasa sulit, dan mengalami banyak miskonsepsi adalah materi
pertidaksamaan linear satu variabel. Miskonsepsi juga dapat terjadi pada
siswa lantaran adanya pengalaman belajar siswa di kelas sebelumnya.
penyebab faktor internal lebih mendominasi yaitu siswa kurang dalam
penguasaan konsep, pengetahuan awal siswa kurang, dan siswa kurang
percaya diri. Miskonsepsi yang berkelanjutan akan menimbulkan dampak
yang buruk bagi siswa. Sehingga dibutuhkan penelitian untuk mengatasi
masalah miskonsepsi siswa. mendeskripsikan miskonsepsi siswa dalam
menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel ditinjau dari tipe
kepribadian Dominance, Influence, Steady, Compliance (DISC).
Berdasarkan penelitian yang telah dilangsungkan oleh beberapa peneliti
terkait miskonsepsi siswa, belum ada penelitian mengenai miskonsepsi
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang ditinjau dari tipe
kepribadian DISC. Hal ini menyebabkan dirancang suatu penelitian ini
akan mengkaji miskonsepsi siswa mengerjakan soal pertidaksamaan
linear satu variabel yang ditinjau atau didasarkan pada tipe kepribadian
yang diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai ada atau tidaknya
miskonsepsi yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal
pertidaksamaan linear satu variabel dilihat dari tipe kepribadian DISC.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian deskriptif, karena peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan
suatu fenomena yang diteliti secara sistematis, faktual, dan akurat yaitu
miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linear satu
variabel ditinjau dari tipe kepribadian DISC (Dominance, Influence,
Steady, Compliance). Sebanyak 4 siswa kelas VIII di SMP Negeri 40
Surabaya menjadi subyek dalam penelitian ini. Pengumpulan data
diperoleh melalui angket tipe kepribadian dominance influence steady
compliance (DISC), tes kemampuan matematika, dan transkrip hasil wawancara dengan subyek. Analisis data yang digunakan dengan
menggolongkan tipe kepribadian siswa dan menggolongkan sesuai jenis
miskonsepsi siswa serta mengodekan kata-kata yang menunjukkan
miskonsepsi siswa. Adapun data yang dianalisis dalam penelitian ini
antara lain data hasil angket tipe kepribadian DISC (Dominance, Influence,
Steady, Compliance), data hasil soal tes tulis, dan data hasil wawancara.
penelitian ini menggunakan triangulasi metode yakni membandingkandan
mengecek keabsahan data melalui berbagai cara ketika kegiatan meneliti
berlangsung. Metode yang dibandingkan yaitu metode angket, metode tes,
dan metode wawancara
Penelitian miskonsepsi siswa ini terbatas pada materi
pertidaksamaan linear satu variabel berdasarkan tipe kepribadian
dominance 1 siswa menunjukkan miskonsepsi teoritik dan korelasional.
Tipe influence dari 1 siswa menunjukkan miskonsepsi teoritik. Untuk tipe
steady ada 1 siswa terdapat miskonsepsi teoritik Dan compliance satu
siswa tersebut mengalami miskonsepsi secara klasifikasi.
Miskonsepsi secara teoritik yang terjadi dikarenakan siswa salah
dalam memahami konsep dan keliru dalam menyajikan konsep dalam
bentuk lain atau simbol matematika. Jenis miskonsepsi klasifikasi pada
siswa terdapat kesalahan dalam menentukan himpunan penyelesaian
pertidaksamaan linear satu variabel, sedangkan miskonsepsi korelasional
menunjukkan siswa salah penerapan materi pertidaksamaan linear satu
variabel dengan materi matematika lainnya.
Penelitian ini memberikan kontribusi pada miskonsepsi siswa
tentang materi pertidaksamaan linear satu variabel. Manfaat dari
penelitan ini dapat digunakan guru atau dosen sebagai bahan dalam
memperbaiki pembelajaran Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya
adalah untuk guru atau dosen lebih mengedepankan pemahaman konsep
terutama materi prasyarat dan adanya penugasan khususnya soal cerita
pertidaksamaan linear satu variabel. | en_US |