Show simple item record

dc.contributor.authorArfany, Fenny Putri
dc.date.accessioned2023-09-27T03:29:33Z
dc.date.available2023-09-27T03:29:33Z
dc.date.issued2023-07-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8128
dc.description.abstractPenerapan topik materi pada bab relasi dan fungsi dalam hidup keseharian adalah mencari tahu berapa banyak uang yang perlu dihemat selama jangka waktu tertentu. Ada banyak konsep yang diperkenalkan kepada siswa kelas delapan untuk pertama kalinya pada materi relasi dan fungsi. Karena itu, siswa sering melaporkan bahwa merasa asing dan kurang dalam pemahaman konseptual materi pelajaran. Pengetahuan tentang persamaan dan perbedaan antara kedua topik ini sangat penting untuk dipelajari secara efektif karena sama-sama memiliki persamaan pada memasangkan anggota himpunan. Faktor tersebut sering membuat peserta didik kesulitan untuk dapat membedakan atau sekedar memberikan contoh. Berdasarkan dari studi pendahuluan yang telah dilaksanakan di SMP Islam Pakis pada kelas VIII, didapati beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan ketika mencari penyelesaian terkait hal-hal yang mangacu pada pemahaman konsep di materi relasi dan fungsi. Hal tersebut juga terlihat dari peserta didik yang kurang aktif dalam menanggapi pendidik setiap kali diberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan ketika kegiatan belajar sedang berlangsung. Pada saat diberikan soal juga masih terdapat banyak sekali kekeliruan dari para peserta didik, sehingga diperlukan penelitian yang mendalam mengenai kesalahan konsep matematik peserta didik. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakterisasi kesalahan konsep matematis dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Pakis. Subjek penelitian ini yaitu 6 peserta didik yang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang tinggi, sedang, rendah. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif berjenis deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu peserta didik kelas VIII SMP Islam Pakis. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu tahap reduksi data yaitu Melaksanakan pengoreksian terhadap hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik, lalu menganalisis data yang dihasilkan dan meneliti kesalahan yang terjadi dan Menganalisis hasil wawancara, kemudian menyusun kembali data tersebut ke dalam bentuk yang jelas dan rapi, sesuai dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematika. Kemudian tahap menyajikan data yaitu penyajian data dilakukan untuk memungkinkan adanya suatu kesimpulan yang dapat diambil. Terakhir tahap kesimpulan yaitu data yang sudah disajikan akan dianalisis dandibandingkan dengan indikator tes kemampuan pemahaman konsep matematis, kesalahan matematis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa tes matematis peserta didik pada materi relasi dan fungsi masih terdapat banyak kesalahan. Pada S1, S3, S4, S5 ditemui kesalahan PH yaitu salah ketika menerapkan cara-cara, sifat-sifat, atau sebuah aturan dan salah dalam melakukan operasi matematika dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian. Ditemui pula pada S3, S4, dan S5 ditemui kesalahan RF yaitu salah dalam merepresentasikan masalah matematika atau konsep matematis dan salah ketika menentukan informasi pada soal dan salah ketika menuliskan simbol atau notasi matematik serta salah mengingat atau salah memahami fakta matematika dasar. Ditemui juga kesalahan PI pada S6 yaitu adalah kesalahan ketika menerapkan cara-cara, sifat-sifat, atau sebuah aturan dan kesalahan dalam menerima maksud dari soal yang diminta. Selain itu pada S2 dan S6 terdapat kesalahan prosedur yaitu tidak mampu menerapkan rumus dengan benar dan jawaban yang diberikan salah. Pada S4, S5, dan S6 terjadi kesalahan representasi yaitu tidak mampu memaparkan konsep ke dalam bentuk representasi matematik. Pada S1 dan S2 terdapat kesalahan konsep yaitu tidak mampu menyebutkan ulang konsep dan jawaban yang diberikan salah. Didapati pula kesalahan prinsip pada S5 yaitu tidak mampu mengklasifikasi dengan konsep tertentu dan jawaban yang diberikan salah. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya yaitu agar memperdalam jenis kesalahan berdasarkan materi lain. Khususnya pada kesalahan instruksi yang ditemukan peneliti.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectkesalahan matematisen_US
dc.subjectmateri relasi dan fungsien_US
dc.titleKarakterisasi Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Pakisen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record