Show simple item record

dc.contributor.authorNegara, Fandy Puspita
dc.date.accessioned2023-09-27T03:31:41Z
dc.date.available2023-09-27T03:31:41Z
dc.date.issued2023-07-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8130
dc.description.abstractPendidikan adalah proses perubahan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang sebagai usaha yang bertujuan untuk mendewasakan diri melalui pengajaran dan latihan, pengembangan, dan cara mendidik (Raharjo, 2018). Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelek) dan tubuh anak, dalam rangka kesempurnaan hidup dan keselarasan dengan dunianya (Makasau, 2020). Sistem pendidikan di Indonesia berkembang dipengaruhi oleh perubahan teknologi dan inovasi yang diakibatkan oleh revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Pengaruh perubahan tersebut memberikan dampak luas dalam bidang pendidikan termasuk kebijakan pemerintah dalam pendidikan (Mulyasa, 2021). Guru matematika bisa memegang peranan penting, mengingat mata pelajaran matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang melemahkan antusias peserta didik. Hal ini menjadi tantangan bagi guru matematika untuk merubah citra matematika yang dianggap mata pelajaran sulit. Pembentukan karakter di dalam diri peserta didik semakin terpinggirkan (Suwartini et al., 2019). Penelitian ini akan melakukan kajian mendalam tentang pendekatan Inkuiri Apresiatif BAGJA. Peneliti merumuskan fokus penelitiannya, yaitu: (1) Bagaimana pembelajaran matematika bisa menguatkan karakter intelektual peserta didik di SMK Brantas Karangkates? (2) Bagaimana strategi dalam memaksimalkan pembelajaran matematika untuk menguatkan karakter intelektual peserta didik di SMK Brantas Karangkates? dan (3) Bagaimana hasil dalam memaksimalkan pembelajaran matematika dalam upaya menguatkan karakter intelektual peserta didik di SMK Brantas Karangkates? Berdasarkan pada fokus di atas, maka peneliti berusaha untuk mendiskripsikan terkait: (1) Pembelajaran matematika bisa menguatkan karakter intelektual peserta didik di SMK Brantas Karangkates; (2) Strategi dalam memaksimalkan pembelajaran matematika untuk menguatkan karakter intelektual peserta didik di SMK Brantas Karangkates; dan (3) Hasil dalam memaksimalkan pembelajaran matematika untuk menguatkan karakter intelektual peserta didik di SMK Brantas Karangkates. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti kondisi objek alamiah yang tidak terpengaruh oleh kehadiran peneliti dan peneliti menjadi instrumen kunci (Sugiyono, 2016). Obyek alamiah yang diteliti adalah proses pembelajaran matematika yang diharapkan bisa menguatkan karakter intelektual peserta didik berdasarkan Inkuiri Apresiatif BAGJA. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika yang menguatkan karakter intelektual peserta didik, menggunakan deskripsi sebagai hasil interpretasi datanya. Penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dalam kawasannya sendiri dan hubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasanya dan dalam peristilahannya. Pendekatan ini digunakan dengan beberapa alasan, (1) menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah, apabila berhadapan dengan kenyataan ganda; (2) metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan informan penelitian; dan (3) metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama dan terhadap pola pola nilai yang dihadapi. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran matematika dalam penguatan karakter intelektual di SMK Brantas Karangkates telah terlaksana dengan baik. Namun dalam implementasinya masih terdapat kelemahan. Selanjutnya direncanakan implementasinya secara berulang-ulang melalui pengembangan tahapan Inkuiri Apresiatif BAGJA. Peningkatan karakter intelektual juga telah diprogramkan melalui pembiasaan (budaya) positif dan kolaborasi rekan sejawat. Temuan menunjukkan bahwa telah dilaksanakan strategi implementasi pembelajaran matematika dalam penguatan karakter intelektual peserta didik di SMK Brantas Karangkates. Hasil dari pelaksanaan pembelajaran matematika dalam penguatan karakter intelektual peserta didik di SMK Brantas Karangkates berdasarkan Inkuiri Apresiatif BAGJA masih mampu konsisten dalam keberlanjutan program. Selain itu implementasi pembelajaran matematika dalam penguatan karakter intelektual peserta didik di SMK Brantas Karangkates telah dikolaborasikan dalam komunitas praktisi. Saran yang harus dilaksanakan oleh SMK Brantas Karangkates adalah sebagai berikut. (1) pembelajaran matematika dalam penguatan karakter intelektual di SMK Brantas Karangkates seharusnya memberdayakan guru secara intensif terkait pemahaman mendalam filosofi pendidikan dan esensi pembelajaran berdiferensiasi beserta kompetensi sosial-emosional. Program bisa dilaksanakan dengan melibatkan rekan sejawat maupun komunitas praktisi pembelajaran yang telah dibentuk sebelumnya. Diharapkan dengan kolaborasi aktif bersama komunitas praktisi, program pendidikan kepemimpinan bisa dilaksanakan dan mencetak calon peserta didik yang menjadi pemimpin dengan karakter sesuai nilai-nilai karakter intelektual. (2) SMK Brantas Karangkates direkomendasikan mengatasi kelemahan yang terjadi dalam implementasi pembelajaran matematika dalam penguatan karakter intelektual peserta didik berdasarkan pendekatan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara kolaboratif. Peneliti merekomendasikan pemberdayaan proyek kepemimpinan peserta didik menuju student agency yang memiliki karakter intelektual secara lebih matang melalui Pendekatan Inkuiri Apresiatif BAGJA. (3) Pendekatan Inkuiri Apresiatif BAGJA sangat cocok untuk dilaksanakan dalam mencarikan solusi dari kendala guru pada pembelajaran matematika. Dengan tahapan pertanyaan mendalam sesuai tahapan BAGJA, supaya hasil dari pembelajaran lebih maksimal. Selanjutnya direkomendasikan juga hasil pengembangan lebih lanjut melalui komunitas praktisi yang dimiliki oleh sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectInkuiri Apresiatif BAGJAen_US
dc.subjectPeluang Suatu Kejadianen_US
dc.titlePembelajaran Matematika dalam Penguatan Karakter Intelektual Peserta Didik Berdasarkan Inkuiri Apresiatif BAGJA pada Materi Peluang Suatu Kejadianen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record