Show simple item record

dc.contributor.authorNisa, Firdauzi
dc.date.accessioned2023-09-27T03:34:11Z
dc.date.available2023-09-27T03:34:11Z
dc.date.issued2023-07-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8132
dc.description.abstractAbad 21 mengharuskan seseorang tidak hanya mahir dalam bidang pengetahuan, namun juga bagaimana mengaplikasikan dalam konteks kehidupan. Situasi seperti ini memerlukan suatu kemampuan khususnya kemampuan literasi matematika. Dalam kerangka kerja PISA terdapat tiga domain utama yang menjadi dasar penilaian literasi matematika, salah satunya yakni domain konten change and relationship yang di dalamnya memuat perubahan dan hubungan suatu konsep matematika dalam berbagai situasi sehingga memerlukan kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan literasi metamatika berperan penting dalam membentuk pemahaman yang komprehensif. Keduanya berjalan beriringan dalam mengembangkan keterampilan matematika yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan derivasi soal PISA konten change and relationship berdasarkan kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan derivasi soal PISA konten change and relationship berdasarkan kemampuan pemecahan masalah tingkat sedang, (3) untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan derivasi soal PISA konten change and relationship berdasarkan kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan yakni masing-masing 1 peserta didik dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang dan rendah. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer diperoleh langsung dari sumber data utama, yaitu peserta didik dan data sekunder yang mencakup dokumentasi, pemantauan langsung terhadap keadaan subjek penelitian, foto kegiatan, dan dokumen-dokumen lainnya yang relevan dengan penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pemecahan masalah, soal tes literasi matematika berupa derivasi soal PISA, dan pedoman wawancara. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis data dengan langkah-langkah sesuai dengan Creswell sebagai berikut: (1) mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, (2) membaca keseluruhan data hasil tes literasi matematika oleh masing masing subjek penelitian, (3) menganalisis lebih detail dengan meng-coding data, (4) menerapkan proses koding untuk mendeskripsikan subjek, kategori, dan tema-tema yang akan dianalisis, (5) menunjukkan bagaimana deskripsi dan tema-tema ini akan disajikan kembali dalam bentuk laporan kualitatif, dan (4) menginterpretasi data. Hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, dari tiga subjek penelitian yang memiliki kemampuan pemecahan masalah berbeda-beda yakni tinggi, sedang, dan rendah dapat disimpulkan bahwa: (1) peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan literasi matematika baik pada konten change maupun relationship, (2) peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah sedang hanya mampu memenuhi dua dari tiga indikator kemampuan literasi matematika baik dalam soal konten change maupun relationship. Pada soal konten change, peserta didik tidak memenuhi indikator employ. Pada soal konten relationship, peserta didik tidak memenuhi indikator kemampuan literasi matematika bagian interpret, dan (3) peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah rendah, memiliki perbedaan kemampuan dalam literasi matematika antara konten change dan konten relationship. Kemampuan literasi matematika ketika menyelesaikan soal konten relationship lebih tinggi dibandingkan ketika menyelesaikan soal konten change. Penelitian ini memberikan kontribusi teori terkait literasi matematika yaitu literasi matematika dalam menyelesaikan derivasi soal PISA. Selain itu, penelitian ini dapat dijadikan dasar bagi guru untuk melakukan pembelajaran di kelas guna menggali kemampuan literasi matematika peserta didik, dan bagi peneliti selanjutnya perlu dilakukan kajian mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika pada peserta didik dengan berbagai tingkatan kemampuan pemecahan masalahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectliterasi matematikaen_US
dc.subjectkonten changeen_US
dc.titleKemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Derivasi Soal Pisa Konten Change and Relationship Berdasarkan Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record