Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Lafayette Coffee and Eatery Malang)
Abstract
Penelitian ini dibuat bertujuan yang pertama, yakni untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan, dan yang kedua, yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan dan seberapa besar pengaruh 2 variabel tersebut dalam penelitian ini dalam kepuasan pelanggan di Lafayette Coffee and Eatery Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan penelitian responden atau kuisioner. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang diolh menggunakan SPSS 16,0 For Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dari kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan ketentuan data yang sudah diuji dengan SPSS sebagai berikut: taraf signifikan t pada bauran pemasaran yang menunjukkan angka taraf signifikannya 0,000 < 0,05 dan juga thitung > ttabel atau 5,346 > 1,660 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan nilai t untuk variabel kualitas pelayanan memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel atau 9,429 > 1,660 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian pengujian secara simultan yang didapat dari nilai F yakni menunjukkan angka taraf signifikansi 0,000 < 0,05 atau Fhitung > Ftabel yaitu 168,814 > 3,09. Sehingga dapat dikatakan bahwa kedua variabel bauran pemasaran dan kualitas pelayanan secara bersamaan mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan Lafayette Coffee and Eatery Malang.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan