dc.description.abstract | Setiap peserta didik memiliki kecerdasan yang beragam dan seharusnya
mendapat perlakuan yang sesuai dengan kecerdasannya. Oleh karena itu pendidik
dalam melakukan proses pembelajaran harus diarahkan pada proses pembelajaran
yang kreatif dan berpusat pada kebutuhan peserta didik untuk menfasilitasi ragam
kecerdasan yang dimiliknya agar bisa berkembang secara maksimal dan tujuan
pembelajran bisa mudah dicapai.
MINU KH Mukmin Sidoarjo merupakan madrasah yang menerapkan
pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Research ,. Penulis tertarik untuk
melakukan penelitian tersebut dengan rumusan masalah, Bagaimana perencanaan
pembelajaran fikih berbasis MIR di MINU KH Mukmin Sidoarjo, Bagaimana
strategi pelaksanaan pembelajaran fikih berbasis MIR di MINU KH Mukmin
Sidoarjo dan Bagaimana evaluasi pembelajaran fikih berbasis MIR di MINU KH
Mukmin Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Pengumpulan data didapat dengan melakukakn wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun langkah analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data, dan penarikan verifikasi kesimpulan. Untuk menguji tingkat
keabsahan data, dapat dilakukan melalui tiga teknik, yaitu perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini 1) Perencanaan pembelajaran pembelajaran fikih
berbasis Multiple Intelegences Research melalui kegiatan. MIR untuk menentukan
kecenderu dan kecerdasan peserta didik dan pengelompokan dalam rombongan
belajar sesuai dengan rumpun kecerdasan. Selanjutnya pendidk menyusun rencana
pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik.2) Pelaksanaan
pembelajaran fikih berbasis MIR Dengan menerapkan rencana pembelajaran
dengan strategi yang sesuai prinsip Multiple Intelegences yakni actif learning.
Contectual learning dan kooperatif learning..3) Evaluasi pembelajaran fikih
berbasis MIR .Evaluasi pembelajaran dilakukan secara autentik yang meliputi
penilaian afektif, kognitif dan psikomotorik.. Penilaian yang dikedepankan adalah
penilaian proses dibandingkan hasil akhir Hasil evaluasi dalam bentuk Laporan
hasil perkembangan peserta didik yang dilaporkan kepada orang tua yang berisi
ketercapain tujuan pembelajaran dan perkembangan karakter dan life skill tanpa
ada keterangan peringkat kelas. | en_US |