dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana strategi
pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum (desa Ganjaran
Kec. Gondanglegi Kab. Malang)” Pertanyaan yang ingin dijawab pada penelitian
ini adalah bagaimanakah strategi pembelajaran kitab kuning yang digunakan di
Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum (desa Ganjaran Kec. Gondanglegi Kab. Malang)
Tesis ini terdiri dari enam bab, yaitu pendahuluan, kajian teori, Metode
penelitian, temuan penelitian, pembahasan dan Penutup. Penelitian yang bersifat
kualitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
Wawancara dan Dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan tiga cara
yaitu reduksi data, model data, penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan strategi
pembelajaran kitab kuning yang telah dicanankan oleh pengasuh RU dan
manajemen madrasah diantaranya meliputi penetapan, visi, misi, tujuan, program,
metode, kitab-kitab yang diajarkan serta perangkat pembelajaran. pesifikasi
perencanaan strategi pembelajaran yang dianggap urgen adalah memilih guru yang
kompeten dalam memahami kitab kuning. Pelaksanaan pengajaran kitab kuning
dengan cara mbalah kitab, Pengelolaan strategi pembelajaran oleh guru
dipraktekkan oleh siswa atas bimbingan guru dalam bentuk sawir (musyawaroh
kitab). Evaluasi pembelajaran kitab kuning menggunakan Menggunakan evaluasi
penempatan dan sumatif, tes yang digunakan tes tulis dan tes lisan, tehnik
pengambilan nilai diambil dari nilai harian dan semester dalam hal pembelajaran
kitab kuning | en_US |