Show simple item record

dc.contributor.authorAmal, Fada’ilul
dc.date.accessioned2023-10-26T04:17:50Z
dc.date.available2023-10-26T04:17:50Z
dc.date.issued2023-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8662
dc.description.abstractPenelitian ini membahas mengenai perancangan aplikasi tangga nada diatonis, pembangunan aplikasi ini dilakukan untuk media pembelajaran seni musik yang berfokus pada tangga nada diatonis. Aplikasi ini dirancang untuk membuat media pembelajaran “Diatonic Scale”. Metode penelitian yang diterapkan untuk pembangunan aplikasi ini adalah metode Waterfall dengan melalui 5 tahapan yaitu Analisis Kebutuhan (Requirement), Perancangan (Design), Penerapan (Implementation), Pembuktian (Verification), dan Pemeliharaan (Maintenance). Dalam penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun aplikasi tangga nada diatonis, dan juga untuk mengetahui tingkat kelayakan aplikasi sebagai media pembelajaran seni musik. Aplikasi yang di rancang ini diharapkan dapat membantu untuk proses belajar tangga nada diatonis dengan metode yang baru menggunakan aplikasi “Diatonic Scale” sebagai sarana pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran tidak menjenuhkan dan lebih menarik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan google forms dengan subjek penelitian untuk media pembelajaran seni musik. Hasil dari pengujian aplikasi ini terdiri dari 50 responden dan didapatkan hasil yang sangat layak dengan presentasi kelayakan 92%. Berdasarkan hasil pengujian dari pengguna dapat disimpulkan bahwa aplikasi “Diatonic Scale” ini layak digunakan sebagai media pembelajaran seni musik. Kata Kunci : Aplikasi, Tangga Nada Diatonis, Diatonic Scaleen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAplikasien_US
dc.subjectTangga Nada Diatonisen_US
dc.subjectDiatonic Scaleen_US
dc.titleRancang Bangun Aplikasi Tangga Nada Diatonis Sebagai Media Pembelajaran Seni Musik Berbasis Androiden_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record