dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan
strategi afektif pada kemampuan membaca dan kemampuan menulis dalam
pembelajaran teks fabel untuk siswa kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy, dan mampu
memperoleh penggunaan strategi afektif deskriptif yang obyektif, seperti serta mampu
memperoleh deskriptif objektif tentang kemampuan membaca dan menulis siswa.
Penelitian ini diarahkan untuk mendapatkan jawaban yang pasti dari kemungkinan ada
atau tidaknya pengaruh antara penggunaan strategi afektif terhadap kemampuan
membaca dan menulis siswa kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto
menggunakan analisis data uji One Way Annova untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh penggunaan strategi afektif terhadap kemampuan membaca dan menulis
dalam pembelajaran teks fabel siswa kelas VII An Nur Al-Muntahy Senior hight
Sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi
afektif pada kemampuan membaca dan menulis siswa kelas VII SMP An Nur AlMuntahy. siswa. Karena hasil penelitian menunjukkan nilai menggunakan strategi
afektif memperoleh jumlah (sum2378), dengan skor rata-rata 82, dan skor tertinggi 97
sedangkan skor terendah adalah 70. Selanjutnya, pada tahap pemberian kemampuan
membaca untuk sampel atau siswa yang dilakukan melalui memberikan tes tertulis
pemahaman membaca, menunjukkan nilai kemampuan membaca dengan angka
(≤2531), dengan nilai rata-rata 74 dan nilai maksimum tertinggi yang dicapai 85
sedangkan nilai paling ringan mencapai 56. Kemudian dalam tahap pengujian
kemampuan menulis dilakukan dengan memberikan tes tertulis dalam bentuk tugas
menyusun cerita fabel, menunjukkan nilai kemampuan menulis (∑2255) dengan nilai
rata-rata 78 dan nilai maksimum tertinggi yang dicapai 95 sedangkan yang paling ringan
nilai yang dicapai 60. Selanjutnya, data tentang hasil penggunaan strategi afektif pada
kemampuan membaca dan menulis dilakukan oleh tes One Way Annova dengan
menganalisis menggunakan SPSS.20 dilakukan dua kali pada masing-masing
kemampuan kemampuan membaca dan menulis. Dari hasil analisis statistik
menggunakan uji OneWay Annova dapat dilihat bahwa nilai sig dalam tabel uji
OneWay Annova menggunakan strategi afektif pada kemampuan membaca adalah
0,005 <0,05, sedangkan nilai sig pada tabel uji OneWay Annova menggunakan strategi
afektif pada kemampuan menulis yaitu 0,005 <0,05. Dengan demikian, peneliti
menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi afektif
pada kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran teks fabel.
Setelah itu untuk mengetahui seberapa besar perbedaan rata-rata pengaruh penggunaan
strategi afektif terhadap kedua kemampuan tersebut, perlu dilanjutkan dengan Tes Post-
Hoc dengan menggunakan Tukey dan Bonferroni.Jika dilihat dari nilai Sig pada masingmasing analisis data di atas yaitu pada kemampuan membaca 0.000<0.05 dan pada
kemampuan menulis 0.005<0.05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan
strategi afektif lebih tinggi pengaruhnya terhadap kemampuan membaca khususnya
pada pembelajaran teks fabel bagi peserta didik di kelas VII SMP An Nur Al-Muntahy. | en_US |