dc.description.abstract | Memasuki era globalisasi abad ke 21, dunia pendidikan di Indonesia
sedang menghadapi tantangan besar. Untuk menghadapi hal tersebut, dunia
pendidikan harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten
agar mampu bersaing dalam pasar global. Apabila melihat di lapangan, masih
banyak pembelajaran disekolah yang dilakukan cenderung sangat teoritik dan
tidak terkait dengan lingkungan dimana siswa berada, sehingga lulusan
pendidikan masih merasakan gagap dan tidak siap ketika dipertemukan dengan
persoalan kehidupan. SMA surya Buana Kota Malang merupakan lembaga
pendidikan yang menginternalisasikan nilai-nilai karakter melalui kurikulum
terintegrasi yang dirancang bersama untuk menyelenggarakan pendidikan yang
holistik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan serta menjelaskan strategi
implementasi kurikulum terintegrasi pada pembelajaran PAI dalam membentuk
karakter siswa di SMA surya Buana Kota Malang, dengan sub fokus yang
mencakup: (1) konsep strategi kurikulum terintegrasi; (2) implementasi kurikulum
terintegrasi; (3) evaluasi kurikulum terintegrasi yang dilakukan oleh SMA surya
Buana Kota Malang dalam membentuk karakter siswanya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi
kasus. Pengumpuan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi redukasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pengecekan dan keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi sumber, teori dan metode. Infroman peneliatian adalah kepala sekolah,
waka kurikulum dan guru PAI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep strategi kurikulum
terintegrasi dalam membentuk karakter siswa di SMA surya Buana Kota Malang
merupakan hasil breakdown dari kurikulum Nasional dan kurikulum yang sudah
disusun oleh pihak yayasan. Kemudian pihak internal sekolah menerjemahkan
kurikulum tersebut menjadi serangkaian kegiatan penanaman karakter siswa; (2)
Implementasi kurikulum terintegrasi di SMA surya Buana Kota Malang ada dua, yakni strategi yang dilakukan di dalam jam pelajaran dan strategi yang dilakukan
di luar jam pelajaran.; (3) evaluasi kuirikulum terintegrasi. | en_US |