Show simple item record

dc.contributor.authorHasanah, Uswatun
dc.date.accessioned2024-01-10T07:27:56Z
dc.date.available2024-01-10T07:27:56Z
dc.date.issued2023-09-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8943
dc.description.abstractMemasuki era globalisasi abad ke 21, dunia pendidikan di Indonesia sedang menghadapi tantangan besar. Untuk menghadapi hal tersebut, dunia pendidikan harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten agar mampu bersaing dalam pasar global. Apabila melihat di lapangan, masih banyak pembelajaran disekolah yang dilakukan cenderung sangat teoritik dan tidak terkait dengan lingkungan dimana siswa berada, sehingga lulusan pendidikan masih merasakan gagap dan tidak siap ketika dipertemukan dengan persoalan kehidupan. SMA surya Buana Kota Malang merupakan lembaga pendidikan yang menginternalisasikan nilai-nilai karakter melalui kurikulum terintegrasi yang dirancang bersama untuk menyelenggarakan pendidikan yang holistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan serta menjelaskan strategi implementasi kurikulum terintegrasi pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter siswa di SMA surya Buana Kota Malang, dengan sub fokus yang mencakup: (1) konsep strategi kurikulum terintegrasi; (2) implementasi kurikulum terintegrasi; (3) evaluasi kurikulum terintegrasi yang dilakukan oleh SMA surya Buana Kota Malang dalam membentuk karakter siswanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpuan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan dan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teori dan metode. Infroman peneliatian adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep strategi kurikulum terintegrasi dalam membentuk karakter siswa di SMA surya Buana Kota Malang merupakan hasil breakdown dari kurikulum Nasional dan kurikulum yang sudah disusun oleh pihak yayasan. Kemudian pihak internal sekolah menerjemahkan kurikulum tersebut menjadi serangkaian kegiatan penanaman karakter siswa; (2) Implementasi kurikulum terintegrasi di SMA surya Buana Kota Malang ada dua, yakni strategi yang dilakukan di dalam jam pelajaran dan strategi yang dilakukan di luar jam pelajaran.; (3) evaluasi kuirikulum terintegrasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKurikulum terintegrasien_US
dc.subjectKarakter siswaen_US
dc.titleAnalisis Implementasi Kurikulum Terintegrasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sma Surya Buana Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record