dc.description.abstract | Joyfull learning merupakan suatu proses pembelajaran menyenangkan
yang terdapat sebuah kohesi dan motifasi untuk menghidupkan pembelajaran antara
pendidik dan peserta didik dalam interaksi dinamis, upaya meningkatkan prestasi
belajar serta jauh dari kata pasif/kaku dalam melaksanakan proses pembelajaran
sehingga nilai akademik peserta didik dapat meningkat sesuai dengan yang
diharapkan. Pasca pendemi covid-19, suasana pembelajaran dan karakter peserta
didik di SMP Assalam Kota Batu mengalami perubahan kurang baik dikarenakan
kecenderungan egosentris cukup tinggi dari peserta didik sebagai akibat
pembelajaran daring selama pandemi. Sehingga dari temuan fakta tersebut, untuk
meningkatkan kembali karakter peserta didik maka diperlukan adanya inovasi
metode pembelajaran berupa joyfull learning dalam membentuk karakter peserta
didik pasca pandemi covid-19.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan
data menggunakan teknik obervasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) desain joyfull learning yang
dirancang dapat memotifasi pendidik untuk lebih kreatif inovatif dalam menyajikan
kegiatan pembelajaran bermakna bagi peserta didiknya. (2) model joyfull learning
yang digunakan sesuai dengan kondisi dan karakter masing-masing peserta
didik/sesuai kebutuhan. (3) proses joyfull learning dalam pelaksanaannya sangat
memotivasi semangat belajar peserta didik dan menjadikan suasana belajar menjadi
aktif sangat dinamis dalam sebuah kohesi saling adanya ketertarikan. (4) proses
pembelajaran dengan adanya joyfull learning dalam membentuk karakter peserta
didik pasca pandemi covid-19 di SMP Assalam Kota Batu dapat menghasilkan
pembaharuan sistem belajar mengajar menyenangkan baik bagi pendidik maupun
peserta didik, sehingga SMP Assalam dapat mencetak generasi berkarakter yang
berimtaq, berwawasan dan nasionalis cinta tanah air. Desain, model dan proses
joyfull learning ini harus terus konsisten diterapkan dengan berbagai inovasi lebih
kreatif lagi agar SMP Assalam bisa terus exis lebih kompeten dalam melaksanakan
kegiatan belajar maengajar di masa yang akan datang | en_US |