dc.description.abstract | Penelitian ini membahas mengenai perancangan aplikasi game edukasi pada SD
Negeri Basirih 1 kota Banjarmasin, ditemukan masalah pada objek penelitian yaitu
kurangnya pemanfaatan teknologi yang sudah tersedia di sekolah, dan kurangnya
nilai praktikum materi Bahasa Inggris yaitu, sebanyak 16 dari total 32 siswa belum
mencapai nilai KKM, pemograman aplikasi dilakukan berfokus pada pembelajaran
Bahasa Inggris berbasis android, aplikasi ini dirancang untuk mengembangkan dan
membuat aplikasi game edukasi “Kids ABC” sebagai media pembelajaran Bahasa
Inggris untuk siswa/i sekolah dasar di SD Negeri Basirih 1. Metode penelitian yang
digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan
multimedia Lee dan Owens melalui lima tahapan yaitu, Analisis, Desain,
Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi.Teknik pengumpulan data
menggunakan metode angket dengan subjek penelitian untuk siswa/i sekolah dasar
di SD Negeri Basirih 1. Hasil penelitian ini adalah: (1) Game edukasi “Kids ABC”
merupakan game pengenalan Bahasa Inggris dan simulasi berbahasa inggris
menggunakan Software Unity (2) Pengujian ahli media untuk menilai kualitas
kelayakam game didapatkan hasil sangat layak untuk semua aspek dengan
persentase kelayakan 98%. Penilaian materi didapatkan hasil layak dengan
persentase kelayakan 80%. Tahap implementasi pada peserta didik mendapatkan
hasil layak dengan persentase kelayakan 73,85%. Berdasarkan hasil pengujian
dapat disimpulkan bahwa game edukasi “Kids ABC” ini layak digunakan untuk
mendukung kegiatan belajar mengajar siswa/i sekolah dasar di SD Negeri Basirih
1. | en_US |