Show simple item record

dc.contributor.authorLestari, Shabillah Octavella
dc.date.accessioned2024-02-07T03:43:46Z
dc.date.available2024-02-07T03:43:46Z
dc.date.issued2023-12-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9126
dc.description.abstractPada ruas jalan Nasional Kota Pasuruan sepanjang ±10km dilalui oleh beberapa kendaraan bermuatan berlebih, salah satu kendaraan yang bermuatan berlebih yaitu trailer yang mengangkut barang dari pabrik-pabrik yang ada di Kota Pasuruan,mengakibatkan kerusakan pada beberapa titik di ruas jalan dan berdampak pada sisa umur perkerasan jalan tersebut.penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kerusakan jalan terhadap sisa umur rencana jalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode bina marga untuk prediksi lalu lintas harian rata-rata (LHR) dan angka ekivalen dari masing-masing kendaraan, metode AASHTO (1993) untuk sisa umur rencana (remaining life%) data-data pendukung seperti data lalu lintas harian rata-rata (LHR) dari Balai Besar Pelasanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali dan data berat kendaraan dari UPPKB Rejoso Pasuruan.Dari hasil perhitungan Analisa lalu lintas harian rata-rata pada tahun 2023 Sepeda Motor = 90.717 kendaraan/hari, Sedan,Jeep = 15.434 kendaraan/hari, Opelet (Pickup) = 1.408 kendaraan/hari, Pick-Up(Micro Truk) = 5.590 kendaraan/hari, Bus = 69 kendaraan/hari, Bus Besar = 493 kendaraan/hari, Truk 2 Sumbu 4 Roda = 1534 kendaraan/hari, Truk 2 Sumbu 6 Roda = 10524 kendaraan/hari, Truk 3 Sumbu = 3.642 kendaraan/hari, Truk Gandengan = 4368 kendaraan/hari, Truk Semi Trailler = 1.321 kendaraan/hari,dengan total Lalu lintas harian Rata-rata (LHR)2023 =131.309 kendaraan/hari Didapat angka ekivalen damage factor dengan metode bina marga dari masing-masing kendaraan Pick-Up yaitu 0,002352, Truk 2 Sumbu 4 Roda yaitu 1,129, Truk 2 Sumbu 6 Roda yaitu 6,551, Truk 3 Sumbu yaitu 5,241, Truk Gandengan yaitu 3,955, Truk Semi Trailer yaitu 5,627 4,07%, pada tahun ke-9(2026)sebesar 13% mengalami penurunan 7% dan tahun ke-10(2027) sebesar 0%. Dari hasil analisis menunjukkan,bahwa pada ruas jalan Nasional Kota Pasuruan pada tahun 2022 sisa umur rencana (Remaining Life) sebesar 80,62% dan pada tahun 2023 sisa umur rencana (Remaining Life) sebesar 73,58% mengalami penurunan sebesar 7,04%, dapat disimpulkan bahwa bahwa remaining life mengalami penurunan tetapi tidak berdampak pada sisa masa berdasarkan sisa umur rencana (Remaining Life) dengan metode AASHTO(1993) Kata Kunci: Kendaraan Berlebih, Ruas Jalan Nasional Kota Pasuruan, Sisa Umur Rencana Jalanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKendaraan Berlebihen_US
dc.subjectRuas Jalan Nasional Kota Pasuruanen_US
dc.subjectSisa Umur Rencana Jalanen_US
dc.titleAnalisis Kerusakan Jalan Akibat Beban Berlebih terhadap Sisa Umur Rencana pada Ruas Jalan Nasional Kota Pasuruanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record