Show simple item record

dc.contributor.authorHambali
dc.date.accessioned2024-04-18T03:35:00Z
dc.date.available2024-04-18T03:35:00Z
dc.date.issued2023-11-17
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9257
dc.description.abstractKendaraan bermotor merupakan komponen yang sangat penting dalam menunjang mobilitas manusia. Kebutuhan mobilitas masyarakat untuk dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang semakin meningkat, menyebabkan kebutuhan akan kendaraan bermotor juga semakin tinggi, Penggantian ECU standar dengan ECU racing dilakukan guna meningkatkan performa yakni dengan mengoptimalkan sistem pengapian sehingga diharapkan terjadi pembakaran yang sempurna didalam ruang bakar. Model ini digunakan karena dalam melakukan percobaan menggunakan variabel bebas, yaitu pergantian ECU standar menjadi ECU juken terhadap putaran motor yang menggunakan bahan bakar murni pertamax yang masing-masing terdiri dari dua kali percobaan.dengan metode tersebut diharapkan dapat diketahui performa motor untuk meningkatkan kinerja motor. Hasil pengujian daya maksimal sebesar 7,46 HP dan Torsi maksimal sebesar 5,6 N.m pada putaran 7000 rpm. Hasil pengujian ECU Juken mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 12,33 HP dan Torsi maksimal sebesar 9,25 N.m pada putaran 7000 rpm. Hasil pengujian konsumsi bahan bakar menyatakan bahwa ECU Juken di putaran 7000 rpm sebanyak 0,6444 kg/HP.jam sedangkan pada ECU Standar di putaran 7000 rpm sebanyak 0,3963 kg/HP.jam konsumsi bahan bakar lebih sedikit dibandingkan dengan penggunaan ECU Juken. Kata Kunci: ECU Standar, ECU Juken, Injector  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectECU Standaren_US
dc.subjectECU Jukenen_US
dc.subjectInjectoren_US
dc.titlePengaruh Perbandingan Ecu Standar dan Ecu Juken pada Sistem Injektor terhadap Kinerja Mesin Motor Scoopy 110 ccen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record