Show simple item record

dc.contributor.authorNazila, Lili Erisa
dc.date.accessioned2024-04-24T02:18:50Z
dc.date.available2024-04-24T02:18:50Z
dc.date.issued2024-02-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9318
dc.description.abstractProses pembelajaran yang kurang inovatif menjadi salah satu faktor kurang maksimal hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian terdahulu hasil belajar yang maksimal dipengaruhi oleh media pembelajaran yang tepat (utari, 2023). Salah satu media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah Quizizz. Quizizz merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan pendidik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui hasil belajar siswa emenggunakan media pembelajaran Quizizz. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu. Populasi yang digunakan adalah siswa Kelas VIII SMP Brawijaya Smart School dengan jumlah 141 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan instrumen tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan uji hasil menggunakan Independent sample t test berbantuan SPSS For Windows 29. Hasil dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar. Dapat dibuktikan melalui hasil belajar siswa lebih maksimal dengan menggunakan media pembelajaran Quizizz daripada menggunakan media pembelajaran PPT. Berdasarkan analisis data melalui uji statistik menggunakan hasil belajar siswa dalam uji sample T test dengan hasil menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar kurang dari 0,001≦0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis dinyatakan benar dan terdapat pengaruh yang signifikan (H0 ditolak dan Ha diterima). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan sesuai dengan rumusan masalah dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Brawijaya Smart School. Dapat dibuktikan melalui uji statistik menunjukkan hasil signifikansi kurang dari 0,01 lebih kecil dari 0,05 dapat diartikan adanya pengaruh yang signifikan dan H0 diterima dan Ha ditolak. Hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran quizizz menunjukkan rata rata 75,38 sedangkan menggunakan media pembelajaran PPT menunjukkan rata-rata 71,58 Kata Kunci: Media Pembelajaran Quizizz, Hasil Belajar Siswa, PAI   en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Quizizzen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectPAIen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Brawijaya Smart Schoolen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record