Show simple item record

dc.contributor.authorIbrahim, Fachruriza
dc.date.accessioned2024-04-25T03:42:29Z
dc.date.available2024-04-25T03:42:29Z
dc.date.issued2023-09-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9353
dc.description.abstractIbrahim, Fachruriza. Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, 2023. Media Mind Map Tiga Dimensi Meningkatkan Efektivitas dan Performa Akademik Mahasiswa FK UNISMA Pembimbing 1: Rizki Anisa. Pembimbing 2: Ariani Ratri Dewi Pendahuluan: Kendala umum yang sering dihadapi mahasiswa kedokteran adalah keterbatasan penguasaan kosakata bahasa, pemahaman terkait literatur Bahasa Inggris, sehingga menyebabkan rendahnya minat dan motivasi membaca. Mind Map 3D pada pembelajaran membaca artikel Bahasa Inggris dapat menjadi solusi masalah tersebut. Namun efektivitas Mind Map 3D pada pembelajaran akademik di FK UNISMA belum diketahui sehingga perlu diteliti. Metode: Penelitian ini merupakan studi quasi-experiment dengan desain one-group pretest-posttest, yang melibatkan 87 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kompetensi kognitif diukur dengan pretest-posttest, motivasi membaca diukur dengan kuisioner Skala Motivasi Membaca Literatur Bahasa Inggris, tugas long essay diukur dengan rubrik penilaian long essay dan tugas mind map 3D diukur dengan rubrik penilaian mind map 3D. Intervensi mind map 3D dilakukan selama 50 menit. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon, Spearman, dan Regresi Logistik Ordinal dengan p <0,05 dianggap signifikan. Hasil: Hasil uji wilcoxon tugas long essay didapatkan 75% responden bernilai baik, 20% bernilai cukup, 3% bernilai kurang, dan 2% bernilai gagal (p=0,000). Hasil uji wilcoxon tugas Mind Map 3D didapatkan 48% responden bernilai baik, 41% benilai cukup, dan 11% bernilai kurang (p=0,000). Nilai pretest sebelum intervensi mind map 3D adalah 39% baik, 35% cukup, dan 26% kurang (p=0,899) dengan nilai posttest adalah 86% baik, 13% cukup, dan 1% kurang (p=0,928). Hasil uji korelasi nilai pretest dengan tugas 1 tidak dihasilkan hubungan yang substansial (p=0,680). Hasil uji korelasi nilai posttest dengan tugas 2 dihasilkan hubungan yang substansial (p=0,032). Hasil uji korelasi nilai posttest dengan kuisioner SMBI dihasilkan hubungan yang substansial (p=0,01). Kesimpulan: Pembelajaran Bahasa Inggris dengan media Mind Map 3D tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat motivasi membaca dan nilai tugas article reading mahasiswa FK UNISMA. Kata Kunci: Membaca Artikel Bahasa Inggris; Mind Map 3D; Motivasi Membaca; Nilai Article Reading.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMembaca Artikel Bahasa Inggrisen_US
dc.subjectMind Map 3Den_US
dc.subjectMotivasi Membacaen_US
dc.subjectNilai Article Reading.en_US
dc.titlePengaruh Membaca Artikel Bahasa Inggris dengan Media Mind Map 3D Terhadap Tingkat Motivasi Membaca dan Nilai Tugas Article Reading Mahasiswaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record