dc.description.abstract | Auliarahma Nabahatin. Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang. Pengaruh Pemberian Video Edukasi Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Infeksi Mata Pada Santri di Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah Malang. Pembimbing 1: Ariani Ratri Dewi. Pembimbing 2: Dewi Martha Indria
Pendahuluan: Personal Hygiene yang buruk dapat menyebabkan infeksi mata dengan dipengaruhi oleh mikroorganisme seperti bakteri dan virus. Pengetahuan tentang infeksi mata penting untuk mengembangkan sikap dan perilaku untuk mencegah terjadinya infeksi mata. Promosi kesehatan melalui video dapat dilakukan sebagai upaya untuk melakukan pencegahan infeksi mata dengan menjaga personal hygiene. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh video edukasi pada pengetahuan, sikap dan perilaku dalam pencegahan infeksi mata.
Metode: Responden berasal dari santri Pondok Pesantren Al-Munawwariyyah sebanyak 100 santri kelas 7 SMP dengan metode Quasi Eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Intervensi diberikan melalui bentuk video edukasi berdurasi 07 menit 53 detik dengan intensitas pemberian sebanyak 4 kali dalam 2 minggu. Pengaruh intervensi video edukasi dinilai melalui kuesioner pada pre dan post test. Uji Wilcoxon signed ranked test digunakan untuk menganalisis data, dengan taraf signifikansi p<0,05 dan dilanjutkan pada uji post hoc multiple comparisons (LSD).
Hasil: Setelah diberikan intervensi, terjadinya peningkatan pada kelompok intervensi yang signifikan, dengan hasil uji Wilcoxon, p=0,00pada pengetahuan, sikap dan perilaku dari pre-test ke post-test; sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada peningkatan (p>0,05). Lalu dilakukan Uji post hoc LSD dari nilai post test menunjukkan perbedaan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan p=0,000 pada semua variabel.
Kesimpulan: Video edukasi dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku santri mengenai pencegahan infeksi mata.
Kata kunci: Pencegahan infeksi mata, santri, pengetahuan, sikap, perilaku, video edukasi | en_US |