Show simple item record

dc.contributor.authorAsnani, Asnani
dc.date.accessioned2024-05-06T03:10:27Z
dc.date.available2024-05-06T03:10:27Z
dc.date.issued2023-12-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9451
dc.description.abstractStrategi kepala madrasah mengenai budaya religius yang diterapkan di madrasah merupakan upaya untuk membentuk karakter siswa melalui pembiasaan budaya religius. Sama halnya dengan pendidikan nasional, Siswa diupayakan mampu mengembangkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritual keagamaan dan akhlaq mulia. Lembaga pendidikan diharapkan mampu memberikan pembinaan dan penguatan pendidikan karakter terlebih dalam karakter religius, Siswa diharapkan memiliki akhlak atau karakter yang mulia sesuai dengan keinginan dan norma masyarakat. Karakter religius madrasah pada hakikatnya adalah terwujudnya nilai – nilai ajaran agama sebagai tradisi dalam berperilaku dan mampu menjadi karakter organisasi yang diikuti oleh seluruh warga madrasah. Dengan menjadikan nilai – nilai agama sebagai karakter dalam madrasah maka secara sadar maupun tidak, Ketika warga madrasah telah mengikuti tradisi yang sudah tertanam, maka karakter warga madrasah sudah menunjukkan mereka sudah menjalankan ajaran agama. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana program Kepala Madrasah dalam membentuk karakter religius Siswa MAN 2 Pasuruan? 2) Bagaimana penerapan program Kepala Madrasah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 2 Pasuruan? 3) Bagaimana evaluasi program Kepala Madrasah dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 2 Pasuruan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Program yang disusun oleh Kepala MAN 2 Pasuruan dalam membentuk karakter religius siswa MAN 2 Pasuruan 2) Penerapan terkait strategi Kepala MAN 2 Pasuruan dalam membentuk karakter religius siswa MAN 2 Pasuruan 3) Evaluasi program Kepala MAN 2 dalam membentuk karakter religius siswa MAN 2 Pasuruan. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomonologis dengan mengambil objek MAN 2 Pasuruan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan untuk mengetahui keabsahan data menggunakan pengamatan, triangulasi data, metode, dan sumber. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengn langkah-langkah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. . Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Program atau strategi yang di susun oleh kepala MAN 2 Pasuruan untuk membentuk karakter religius siswa melalui pembiasaan kegiatan sehari-hari, kegiatan terprogram dan kegiatan spontan agar melekat pada diri Siswa dan guru serta karyawan madrasah serta menjadikan pembiasaan tersebut budaya di madrasah agar tercipta madrasah yang bernuansa religius. 2) Dalam Penerapannya Kepala MAN 2 Pasuruan, membentuk Tim penangungjawab, membuat peraturan atau tata tertib madrasah dilaksanakan sebagai penunjang dan bentuk kontroling kepala madrasah dalam penguatan pendidikan karakter religius Siswa dan dalam pemberian sanksi dilakukan sesuai jenis pelanggaranya dan juga dalam pemberian sanksi tersebut tidak menggunakan hukuman fisik melainkan hukuman yang memiliki sifar jera dan bernilai pahala. 3) evaluasi program kepala madrasah yang dilakukan oleh kepala madrasah setiap akhir semester dan akhir tahun ajaran melalui rapat internal guru yaitu dengan selalu memberikan himbauan agar guru dapat menjadi contoh teladan bagi seluruh warga madrasah serta meminta guru untuk menjadi teladan yang baik juga. Adapun bentuk keteladanan yang diterapkan yaitu tentang perilaku, ucapan, kedisiplinan, sopan dan santun. Selain itu juga kepala madrasah juga senantiasa memotivasi para guru dan siswa agar berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademiken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectStrategi Kepala Madrasahen_US
dc.subjectPembentukan Karakter Religiusen_US
dc.titleStrategi Kepala Madrasah Dalam Pembentukan karakter Religius Siswa Man 2 Pasuruanen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record