Show simple item record

dc.contributor.authorMubarak, Fadhil
dc.date.accessioned2024-05-06T03:15:15Z
dc.date.available2024-05-06T03:15:15Z
dc.date.issued2024-01-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9455
dc.description.abstractRiset ini berdasar pada masalah munculnya sejumlah kasus yang terkait moralitas santri yang mengindikasi pergeseran serta penyimpangan dan perlu untuk dibenahi. Rapuhnya pondasi religiusitas dan ikatan sosial antar santri, menunjukkan karakter yang ada (das sein) bertolak belakang dengan yang seharusnya (das sollen). Ketidaktepatan karakter santri dengan nilai-nilai luhur kedayahan/kepesantrenan merupakan hal yang harus diperbaiki. Berdasarkan gap tersebut, maka riset ini bertujuan untuk memberikan deskripsi, analisis, dan interpretasi terhadap nilai, proses, dan integrasi nilai pendidikan karakter religius dan sosial santri di Dayah Ummul Ayman Samalanga Bireuen Aceh, dengan pertanyaan riset: 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter religius dan sosial santri di Dayah Ummul Ayman Samalanga Bireuen Aceh? 2) Bagaimana proses pendidikan karakter religius dan sosial santri di Dayah Ummul Ayman Samalanga Bireuen Aceh? 3) Bagaimana integrasi nilai-nilai pendidikan karakter religius dan sosial santri di Dayah Ummul Ayman Samalanga Bireuen Aceh? Berdasarkan pertanyaan riset, maka metode yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif dengan Desain Studi Kasus. Lokus penelitian dipilih di Dayah Ummul Ayman Samalanga Bireuen Aceh dengan sampel penelitian berupa santri dan guru di dayah tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Teknik Analisis Kualitatif Interaktif Miles dan Huberman. Teknik Analisis Kualitatif Interaktif Miles dan Huberman dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menampilkan data, mengondensasi data, dan selanjutnya menarik kesimpulan. Data yang telah dianalisis diverifikasi kebenaran dan keabsahannya dengan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter religius yang ditemukan adalah nilai ketaqwaan, kesungguhan, kesabaran, sopan santun, honestitas, cinta ilmu, dan kesederhanaan. Sedangkan nilai-nilai pendidikan karakter sosial yang ditemukan adalah nilai kepedulian sosial, kesetiakawanan, gotong royong, empati, keadilan, bersikap santun dan menghormati, serta kemasyarakatan. Proses pelaksanaan pendidikan karakter religius dilakukan dengan pemilihan kurikulum, pengajaran kitab kuning, pelaksanaan ibadah, kegiatan tadarus Al-Qur'an, dan partisipasi dalam kegiatan keagamaan dan kebudayaan. Sedangkan proses pelaksanaan pendidikan karakter sosial mencangkup pelibatan dalam kegiatan kemasyarakatan, pelatihan soft skills, dan kegiatan konseling sosial. Integrasi nilai pendidikan karakter religius santri teraplikasi dalam visi dan misi dayah, dalam kurikulum dayah, dalam pembelajaran dayah, dan dalam ibadah. Sedangkan integrasi nilai pendidikan karakter sosial santri di Dayah Ummul Ayman terjadi dalam kurikulum dayah, melalui pemberdayaan santri dalam kegiatan kemasyarakatan, dan melalui pendampingan oleh guru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectDayahen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.titlePendidikan Karakter Religius dan Sosial Santri di Dayah Ummul Ayman Samalanga Bireuen Acehen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record