Show simple item record

dc.contributor.author'Insan, Al
dc.date.accessioned2020-12-19T02:19:32Z
dc.date.available2020-12-19T02:19:32Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/945
dc.description.abstractBahasa dapat diartikan sebagai media komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Jika tidak ada bahasa, maka manusia tidak dapat mengutarakan keinginannya. Begitu pula di dalam buku pelajaran yang digunakan oleh peserta didik, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, buku ajar haruslah sempurna dari berbagai aspek dalam menyajikan materi-materi yang akan dijadikan sumber informasi bagi masyarakat, khusunya peserta didik dan guru. Buku yang dimaksud adalah buku yang sudah sesuai dengan standar perbukuan (Pusbuk). Tujuan analisis ini untuk mendeskripsikan: (1) Kesesuaian isi buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo, (2) Kesesuaian penyajian buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo (3) Kesesuaian bahasa yang ada di buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo dan (4) Kesesuaian kegrafikan buku Bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat uraian dan fakta secara sistematis dan akurat. Penelitian ini juga penelitian kepustakaan (Library Research) dengan mengambil data dari buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP yang ditulis oleh M. Wahyudianto, dan buku ini digunakan oleh salah satu Sekolah Menengah Pertama di Aceh yaitu SMPN 2 Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Observasi pada buku-buku pelajaran Bahasa Indonesia yang digunakan oleh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama yang berada pada wilayah Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah. Hasil dari analisis kesesuaian buku pelajaran ini berdasarkan standar dari Pusat Perbukuan adalah sesuai jika digunakan pada jenjang SMP dengan kurikulum 2013. Kesuaian ini dari segi: (1) Isi atau Materi mencapai 94,8%; (2) Penyajian Buku Pelajaran mencapai 91,6%, (3) Bahasa mencapai 100%, dan (4) Kegrafikan mencapai 86,25%. Berdasarkan hasil analisis kesesuaian penggunaan buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VIII semester I karya M. Wahyudianto ini telah memenuhi kriteria kesesuaian berdasarkan standar perbukuan untuk digunakan dalam proses pembelajaran di SMPN 2 Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriahen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAnalisisen_US
dc.subjectBuku Bahasa Indonesiaen_US
dc.subjectKesesuaianen_US
dc.subjectAnalysisen_US
dc.subjectIndonesian Language Booken_US
dc.subjectConformityen_US
dc.titleAnalisis Kesesuaian Buku Pelajaran Bahasa Indoneia Kelas VIII SMPN 2 Pintu Rime Gayo Bener Meriahen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record