Show simple item record

dc.contributor.authorUtami, Yeni
dc.date.accessioned2024-06-20T01:16:44Z
dc.date.available2024-06-20T01:16:44Z
dc.date.issued2024-03-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9718
dc.description.abstractKajian Tagmemik memiliki sifat yang eklektik dan universal sehingga dapat digunakan untuk menganalisis salah satunya bahasa bisnis Online Shop akun @yeniutami.officialshop sesuai dengan perkembangan zaman di era digital ini. Fokus penelitian adalah (1) struktur klausa pada iklan bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik), (2) struktur frasa pada iklan bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik), (3) struktur kata pada iklan bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Data berupa klausa, frasa, dan kata pada iklan bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop. Sumber data sekunder penelitian tesis yaitu akun iklan bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop di aplikasi Shopee dan Instagram. Sumber data primer berupa dokumen dan pengalaman peneliti sebelumnya yang menjalankan bisnis online shop tersebut. Prosedur pengumpulan data penelitian dengan cara menyimak, menyadap atau menyalin data tanpa terlibat dalam percakapan kemudian mencatat data-data yang diperlukan. Teknik analisis data dengan cara hubung banding menyamakan, hubung banding membedakan, dan teknik hubung banding menghubung-bandingkan data sesuai dengan rumus dalam teori Tagmemik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sruktur klausa pada iklan bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik) pada bidang slot terbentuk dari struktur pertama (S), (Plk), (FB1), (O), (Pdr), (FB2). Kedua (P), (Sta), (FK), dan (T) dan (O), (Pdr), (FB2). Ketiga (S), (Plk), (FB1), dan (P), (Sta), (FK), (T). (2) Sruktur frasa pada iklan bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik) pertama, memiliki struktur (in), (it), (KB), kedua memiliki struktur tagmem (Lin), (Asp), (Kasp), ketiga memiliki struktur (In), (Prd), (KK), (T), keempat terbentuk dari struktur (Lin), (Jum), (Kbil), (3) Sruktur kata pada iklan bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik) memiliki struktur pertama (in), (Prd), kata sifat, kedua terbentuk dari struktur (in), (it), dan (MD).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectLinguistiken_US
dc.subjectTagmemiken_US
dc.titleStruktur Klausa, Frasa, dan Kata pada Iklan Bisnis Online Shop Akun @yeniutami.officialshop (Kajian Tagmemik)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record