dc.description.abstract | Kajian Tagmemik memiliki sifat yang eklektik dan universal sehingga dapat
digunakan untuk menganalisis salah satunya bahasa bisnis Online Shop akun
@yeniutami.officialshop sesuai dengan perkembangan zaman di era digital ini. Fokus
penelitian adalah (1) struktur klausa pada iklan bisnis online shop akun
@yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik), (2) struktur frasa pada iklan bisnis
online shop akun @yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik), (3) struktur kata pada
iklan bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik).
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskripsi. Data berupa klausa, frasa, dan kata pada iklan bisnis online shop
akun @yeniutami.officialshop. Sumber data sekunder penelitian tesis yaitu akun iklan
bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop di aplikasi Shopee dan Instagram.
Sumber data primer berupa dokumen dan pengalaman peneliti sebelumnya yang
menjalankan bisnis online shop tersebut. Prosedur pengumpulan data penelitian
dengan cara menyimak, menyadap atau menyalin data tanpa terlibat dalam percakapan
kemudian mencatat data-data yang diperlukan. Teknik analisis data dengan cara
hubung banding menyamakan, hubung banding membedakan, dan teknik hubung
banding menghubung-bandingkan data sesuai dengan rumus dalam teori Tagmemik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sruktur klausa pada iklan bisnis
online shop akun @yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik) pada bidang slot
terbentuk dari struktur pertama (S), (Plk), (FB1), (O), (Pdr), (FB2). Kedua (P), (Sta),
(FK), dan (T) dan (O), (Pdr), (FB2). Ketiga (S), (Plk), (FB1), dan (P), (Sta), (FK), (T).
(2) Sruktur frasa pada iklan bisnis online shop akun @yeniutami.officialshop (kajian
Tagmemik) pertama, memiliki struktur (in), (it), (KB), kedua memiliki struktur
tagmem (Lin), (Asp), (Kasp), ketiga memiliki struktur (In), (Prd), (KK), (T), keempat
terbentuk dari struktur (Lin), (Jum), (Kbil), (3) Sruktur kata pada iklan bisnis online
shop akun @yeniutami.officialshop (kajian Tagmemik) memiliki struktur pertama
(in), (Prd), kata sifat, kedua terbentuk dari struktur (in), (it), dan (MD). | en_US |