dc.description.abstract | Ruas jalan yaitu dua buah jalur lalu lintas/persimpangan jalan umum sebidang atau tidak baik yang dilengkapi dengan alat pemberi isyarat atau tidak, yang mana serta mengalami hambatan samping yang bisa menyebabkan kemacetan. Kemacetan merupakan keadaan atau situasi kendaraan yang berhenti/tersendat yang mana disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas serta disebabkan oleh faktor teetentu seperti halnya hambatan samping.
Dalam penelitian ini menggunakan metode dengan cara survey langsung dilapangan selama 4× dalam sebulan, dan perhitungan yang dipakai menggunakan metode (PKJI 2023) Pedoman kapasitas jalan indonesia. Hasil dari survey kinerja lalu lintas diperoleh sebagai berikut, total kendaraan pada jam puncak 4996 kend/jam dengan satuan 2748,6 emp/jam. Sedangkan Hasil dari perhitungan kinerja jalan sebagai berikut analisis heavy LOS (Level of service) diperoleh nilai kapasitas (C) 2651skr/jam, dengan kapasitas dasar (Co)3100, kapasitas akibat lajur lalu lintas (FCLJ) 1,00, kapasitas akibat pemisah arah (FCPA) 1,00, hambatan samping (FCHS)0,94,derajat kejenuhan DJ = 1,01 , waktu tempuh = 10,03 m/mnt dengan jarak 1000m dan volume = 0,551km/jam.
Hasil analisis dari heavy LOS (Level of service) pada level F (Macet panjang). Terkait manajemen lalu lintas dan lingkungan jalan yaitu NSPM (norma, standart, pedoman, dan manual)UU No.26 Tahun 2007 penanganan yang sesuai yaitu dengan adanya penyediaan on-street/off-street parking, penataan ruang sisi jalan, meggunakan perambuan / penataan parkir.
Kata Kunci: Ruas Jalan Galis, PKJI, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Waktu Tempuh, NSPM, Penataan Parkir. | en_US |