Show simple item record

dc.contributor.authorWicaksana, Andrean Fahreza Nur
dc.date.accessioned2024-06-24T06:13:59Z
dc.date.available2024-06-24T06:13:59Z
dc.date.issued2024-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9767
dc.description.abstractPembelajaran bahasa dan sastra Indonesia saat ini memiliki banyak sumber belajar, tetapi sumber belajar interaktif sesuai kebutuhan guru dan peserta didik masih jarang ditemukan. Sumber belajar yang ada biasanya disajikan secara utuh dalam buku teks. Materi pembelajaran tersebut disajikan sesuai dengan kompetensi dasar yang tercantum dalam kurikulum sehingga terlihat kurang menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi interaktif dengan desain pembelajaran diferensiasi bertema SMART pada siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School. Diharapkan bahwa dengan adanya pengembangan bahan ajar, akan membantu pembelajaran menulis puisi. Langkah-langkah penelitian pengembangan meliputi analisis kebutuhan, mengembangkan produk, melakukan uji coba kelompok kecil sesuai dengan latar produk tersebut dipakai, dan melakukan revisi terhadap hasil uji coba produk. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall yang menghasilkan 7 langkah, yaitu (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) validasi produk, (5) uji kelayakan, (6) revisi produk, dan (7) produk hasil akhir. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dipakai adalah melalui pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket siswa. Analisis data yang dilakukan melibatkan teknik analisis deskripsi baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil proses pengembangan memiliki beberapa menu utama yang dapat membantu peserta didik seperti beranda, pendahuluan, tujuan pembelajaran, materi, video pembelajaran, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penilaian pada validasi ahli isi dan bahasa termasuk pada kriteria sangat layak/valid yaitu sebesar 97,2% dan 95,8%. Begitu juga pada validasi ahli perancangan pembelajaran dan media termasuk pada kriteria sangat layak/valid yaitu sebesar 95,8% dan 93,7%. Penilaian dari angket siswa juga termasuk pada kriteria sangat layak/valid yaitu karakteristik peserta didik sebesar 81,3% dan tingkat pemahaman materi tentang teks prosedur sebesar 83,7%. Penilaian dari angket guru didapatkan hasil dengan kriteria sangat layak/valid yaitu keefektifan dan efisiensi bahan ajar sebesar 93,75%, sistematika bahan ajar sebesar 87,5%, bahasa sebesar 100%, dan tampilan bahan ajar sebesar 88,8%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pengembangan bahan ajar menulis puisi interaktif dengan desain pembelajaran diferensiasi bertema SMART di kelas X SMA Brawijaya Smart School sangat layak/valid digunakan untuk proses pembelajaran. Saran untuk penelitian berikutnya yaitu melakukan uji coba secara mendalam tentang efektivitas produk bahan ajar berbasis web dengan desain pembelajaran diferensiasi dan melakukan diseminasi produk bahan ajar berbasis web dengan desain pembelajaran diferensiasi pada sekolah-sekolah yang memiliki karakteristik yang samaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjecttema SMARTen_US
dc.subjectbahan ajaren_US
dc.titlePengembangan bahan ajar menulis puisi interaktif dengan desain pembelajaran diferensiasi bertema SMART di kelas X SMA Brawijaya Smart Schoolen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record