dc.description.abstract | Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia saat ini memiliki banyak sumber
belajar, tetapi sumber belajar interaktif sesuai kebutuhan guru dan peserta didik masih
jarang ditemukan. Sumber belajar yang ada biasanya disajikan secara utuh dalam buku
teks. Materi pembelajaran tersebut disajikan sesuai dengan kompetensi dasar yang
tercantum dalam kurikulum sehingga terlihat kurang menarik bagi siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi interaktif dengan
desain pembelajaran diferensiasi bertema SMART pada siswa kelas X SMA Brawijaya
Smart School. Diharapkan bahwa dengan adanya pengembangan bahan ajar, akan
membantu pembelajaran menulis puisi.
Langkah-langkah penelitian pengembangan meliputi analisis kebutuhan,
mengembangkan produk, melakukan uji coba kelompok kecil sesuai dengan latar
produk tersebut dipakai, dan melakukan revisi terhadap hasil uji coba produk. Penelitian
ini menggunakan prosedur pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan
Borg & Gall yang menghasilkan 7 langkah, yaitu (1) pengumpulan informasi, (2)
perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) validasi produk, (5) uji kelayakan, (6)
revisi produk, dan (7) produk hasil akhir. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan
data yang dipakai adalah melalui pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket
siswa. Analisis data yang dilakukan melibatkan teknik analisis deskripsi baik kualitatif
maupun kuantitatif.
Hasil proses pengembangan memiliki beberapa menu utama yang dapat
membantu peserta didik seperti beranda, pendahuluan, tujuan pembelajaran, materi,
video pembelajaran, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penilaian pada validasi ahli isi dan
bahasa termasuk pada kriteria sangat layak/valid yaitu sebesar 97,2% dan 95,8%. Begitu
juga pada validasi ahli perancangan pembelajaran dan media termasuk pada kriteria
sangat layak/valid yaitu sebesar 95,8% dan 93,7%. Penilaian dari angket siswa juga
termasuk pada kriteria sangat layak/valid yaitu karakteristik peserta didik sebesar 81,3%
dan tingkat pemahaman materi tentang teks prosedur sebesar 83,7%. Penilaian dari
angket guru didapatkan hasil dengan kriteria sangat layak/valid yaitu keefektifan dan
efisiensi bahan ajar sebesar 93,75%, sistematika bahan ajar sebesar 87,5%, bahasa
sebesar 100%, dan tampilan bahan ajar sebesar 88,8%.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pengembangan bahan ajar menulis puisi
interaktif dengan desain pembelajaran diferensiasi bertema SMART di kelas X SMA
Brawijaya Smart School sangat layak/valid digunakan untuk proses pembelajaran. Saran
untuk penelitian berikutnya yaitu melakukan uji coba secara mendalam tentang
efektivitas produk bahan ajar berbasis web dengan desain pembelajaran diferensiasi dan
melakukan diseminasi produk bahan ajar berbasis web dengan desain pembelajaran
diferensiasi pada sekolah-sekolah yang memiliki karakteristik yang sama | en_US |