Show simple item record

dc.contributor.authorMukhlis, Ahmad
dc.date.accessioned2024-06-26T02:11:53Z
dc.date.available2024-06-26T02:11:53Z
dc.date.issued2024-06-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9789
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi mengenai kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam observasi yang peneliti lakukan melihat bahwa guru di MINU Sumberpasir Pakis Kab. Malang tersebut tidak menggunakan media pembelajaran berbasis internet dan teknologi, maka dari itu respon siswa seperti merasa bosan dan tidak tertarik dengan pembelajaran, setiap kali membahas topik guru selalu memberikan tepuk fokus untuk siswanya, agar selalu fokus terhadap pembelajaran yang diberikan. Terbukti dari hasil Pra-tindakan yang dilakukan oleh peneliti didapat bahwa 85% siswa mendapatkan nilai kurang dari 75 dan dinyatakan belum tuntas, sedangkan 15% siswa lainnya mendapat nilai 75 lebih dan dinyatakan tuntas sesuai dengan KKM 75. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V MINU Sumberpaisr Pakis Kab Malang dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi membaca puisi dengan menggunakan Aplikasi Canva, (2) mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas V MINU Sumberpaisr Pakis Kab Malang dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi membaca puisi dengan menggunakan Aplikasi Canva. Motode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perolehan hasil belajar. Pada siklus I rata–rata nilai membaca puisi sebesar 74,4,, pada siklus II sebesar 81,9. Artinya penggunaan Aplikasi Canva mampu meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V. Hasil penelitian ini juga menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus I aktivitas siswa rata – rata mendapat kriteria baik, pada siklus II rata – rata mendapat kriteria sangat baik. Demikian halnya dengan hasil pengamatan aktivitas guru juga mengalami kenaikan setiap siklus. Pada siklus I persentase aktivitas guru 85,5% dengan kriteria baik, dan pada siklus II persentasenya 92,75% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam ketuntasan belajar individu siswa dari siklus I ke siklus II. Penggunaan Canva sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan aktivitas siswa menjadi lebih aktif, yang pada gilirannya membuat pembelajaran lebih bermakna dan menghasilkan prestasi akademik yang lebih baik. Selain itu, penggunaan Canva juga memberikan dampak positif terhadap aktivitas guru, yang terlihat dari peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi Canva dalam pembelajaran membaca puisi memberikan manfaat yang signifikan bagi proses pembelajaran secara keseluruhan, baik bagi siswa maupun guruen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAplikasi Canvaen_US
dc.subjectaktivitas siswaen_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas V dengan Aplikasi Canva di MINU Sumberpasir Pakis Kab Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record