dc.description.abstract | Penelitian ini dilatar belakangi mengenai kurangnya pemanfaatan media
pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam
observasi yang peneliti lakukan melihat bahwa guru di MINU Sumberpasir Pakis
Kab. Malang tersebut tidak menggunakan media pembelajaran berbasis internet dan
teknologi, maka dari itu respon siswa seperti merasa bosan dan tidak tertarik dengan
pembelajaran, setiap kali membahas topik guru selalu memberikan tepuk fokus
untuk siswanya, agar selalu fokus terhadap pembelajaran yang diberikan. Terbukti
dari hasil Pra-tindakan yang dilakukan oleh peneliti didapat bahwa 85% siswa
mendapatkan nilai kurang dari 75 dan dinyatakan belum tuntas, sedangkan 15%
siswa lainnya mendapat nilai 75 lebih dan dinyatakan tuntas sesuai dengan KKM
75.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa kelas V MINU Sumberpaisr Pakis Kab Malang dalam pembelajaran bahasa
Indonesia khususnya materi membaca puisi dengan menggunakan Aplikasi Canva,
(2) mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas V MINU Sumberpaisr Pakis Kab
Malang dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi membaca puisi
dengan menggunakan Aplikasi Canva.
Motode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan perolehan hasil belajar. Pada siklus I rata–rata nilai
membaca puisi sebesar 74,4,, pada siklus II sebesar 81,9. Artinya penggunaan
Aplikasi Canva mampu meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas V.
Hasil penelitian ini juga menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I dan
siklus II Berdasarkan hasil pengamatan pada siklus I aktivitas siswa rata – rata
mendapat kriteria baik, pada siklus II rata – rata mendapat kriteria sangat baik.
Demikian halnya dengan hasil pengamatan aktivitas guru juga mengalami kenaikan
setiap siklus. Pada siklus I persentase aktivitas guru 85,5% dengan kriteria baik,
dan pada siklus II persentasenya 92,75% dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan yang signifikan dalam ketuntasan belajar individu siswa dari siklus I
ke siklus II. Penggunaan Canva sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan
aktivitas siswa menjadi lebih aktif, yang pada gilirannya membuat pembelajaran
lebih bermakna dan menghasilkan prestasi akademik yang lebih baik. Selain itu,
penggunaan Canva juga memberikan dampak positif terhadap aktivitas guru, yang
terlihat dari peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu,
dapat disimpulkan bahwa penggunaan Aplikasi Canva dalam pembelajaran membaca puisi memberikan manfaat yang signifikan bagi proses pembelajaran
secara keseluruhan, baik bagi siswa maupun guru | en_US |