Show simple item record

dc.contributor.authorSukardi, Aris
dc.date.accessioned2024-06-26T02:18:04Z
dc.date.available2024-06-26T02:18:04Z
dc.date.issued2024-06-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9792
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) guna membantu siswa dalam menulis teks deskripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan dari Alessi dan Trollip, yang meliputi tiga langkah utama yaitu planning (perencanaan), design (perancangan), development (pengembangan). Pemilihan MTsN 1 Sinjai sebagai lokasi penelitian didasarkan pada banyaknya siswa dengan nilai dibawah KKM pada materi teks deskripsi dan minat tinggi siswa terhadap media interaktif. Dari hasil angket siswa dan wawancara guru, siswa kelas VII MTsN 1 Sinjai menunjukkan minat tinggi terhadap penggunaan teknologi dan media interaktif dalam pembelajaran. Meskipun siswa memiliki pengetahuan dasar tentang AR, mereka membutuhkan lebih banyak pemahaman mengenai konsep deskripsi. Guru juga mendukung integrasi teknologi seperti AR, melihatnya sebagai alat efektif untuk meningkatkan pembelajaran. Tahap perancangan memanfaatkan dua aplikasi utama yakni Blender dan Unity. Blender digunakan untuk merancang objek tiga dimensi (3D) dengan tekstur dan detail yang sesuai dengan kebutuhan analisis. Setelah desain objek selesai, integrasinya dilakukan di lingkungan Unity. Pada tahap pengembangan, dilakukan proses produksi, validasi oleh ahli materi dan media, revisi produk, hingga uji coba produk. Uji coba produk terbagi dalam dua tahap uji coba terbatas dan uji coba luas, hasil angket pada uji coba terbatas menunjukkan bahwa siswa memiliki minat tinggi terhadap penggunaan AR dan pemahaman materi yang sangat baik dengan skor rata-rata 7,47 dan 10,94, meskipun ada kendala teknis terkait perangkat. Pada uji coba luas menggunakan metode eksperimen semu dengan melibatkan kelas VII.1 sebagai kelas perlakuan yang menggunakan media AR dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, guna mengevaluasi efektivitas produk. Hasil uji homogenitas dan uji independen sampel t menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media AR memiliki peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dan konsisten dibandingkan dengan metode konvensional. Dengan demikian, media pembelajaran AR layak digunakan dalam proses pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.subjectTeks Deskripsien_US
dc.titleDigitalisasi Objek Teks Deskripsi Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas VII MTsN 1 Sinjaien_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record