Show simple item record

dc.contributor.authorHikam, Bahrul
dc.date.accessioned2024-07-15T03:57:13Z
dc.date.available2024-07-15T03:57:13Z
dc.date.issued2024-05-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9800
dc.description.abstractRiset ini berdasar pada cepatnya perkembangan teknologi yang semakin canggih, semakin banyak tuntutan yang harus dipenuhi untuk mengikuti perkembangan zaman. Manusia sebagai pengguna teknologi harus mampu memanfaatkan yang sedang berkembang sekarang, maupun perkembangan masa datang. Tak heran jika para generasi muda sudah harus mencicipi dunia modern sedini mungkin dengan cara mengintegrasikan teknologi kedalam pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Kaligrafi salah satu pembelajaran ekstrakurikuler yang harus berevolusi agar bisa terus eksis. Berdasarkan hal tersebut, maka riset ini mempunyai tujuan penting yang akan memberikan gambaran kecil terhadap nilai positifnya suatu perkembangan teknologi di pondok pesantren Daarul Ahsan Tangerang, dan membuat suatu terobosan yang memadukan antara nilai tradisional dan nilai modern. Dengan pertanyaan riset: 1) Bagaimana integrasi teknologi aplikasi Adobe Photoshop dan CorelDRAW dalam pembelajaran ekstrakurikuler kaligrafi di Pondok Pesantren Daarul Ahsan ? 2) Bagaimanakah unjuk kerja aplikasi Adobe Photoshop dan CorelDRAW sebagai media pembelajaran ekstrakurikuler kaligrafi di Pondok Pesantren Daarul Ahsan ? 3) Bagaimanakah kelayakan aplikasi Adobe Photoshop dan CorelDRAW sebagai media pembelajaran ekstrakurikuler kaligrafi di Pondok Pesantren Daarul Ahsan ? Berdasarkan pertanyaat riset, maka metode yang digunakan adalah Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan yang sering dikenal dengan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima langkah-langkah pengembangan, yaitu analisis (analyze), desain atau rancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Adapun lokasi penelitian dipilih di Pondok Pesantren Daarul Ahsan Desa Dangdeur Kecamatan Jayanti Kabupaten Tangerang Provinsi Banten dengan sampel penelitian berupa Santri dan Guru Daarul Ahsan. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan dengan detail proses pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler kaligrafi berbasis digital; 2) pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler kaligrafi berbasis digital yang dikembangkan terbukti layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini didasari dari hasil angket validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 98%, ahli desain sebesar 86%, dan ahli media pembelajaran 96%. Sementara, tingkat keberterimaan peserta didik terhadap pengembangan pembelajaran ekstrakurikuler kaligrafi berbasis digital ini dinilai sangat baik, hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian kuesioner yang diberikan pada peserta didik dengan persentase sebesar 91%en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKaligrafien_US
dc.subjectCorelDRAWen_US
dc.titlePengembangan Aplikasi Adobe Photoshop dan CorelDRAW Pada Esktrakurikuler Kaligrafi di Pondok Pesantren Daarul Ahsanen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record