Show simple item record

dc.contributor.authorOktaviani, Sela
dc.date.accessioned2024-07-19T01:15:16Z
dc.date.available2024-07-19T01:15:16Z
dc.date.issued2023-06-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9872
dc.description.abstractMadrasah Mu’allimat adalah suatu lembaga pendidikan Islam khusus bagi putra putri dalam lingkungan Ma’arif yang mendukung pembelajran bahasa arab pada anak Aliyah. Selama ini pembelajaran bahasa arab di MA Mualimat menggunakan metode pembelajaran tradisional dengan metode ceramah, setelah MA Mualimat bekerjasama dengan pondok pesantren nurul furqon malang pembelajaran bahasa arab disekolah MA Mualimat menjadi hal yang sangat menarik dan berpengaruh besar dengan kehidupan siswa siswinya karena mayoritas siswa siswi MA Mualimat merupakan penghafal al-quran yang harus terbiasa membaca kalimat-kalimat bahasa arab. Dengan bertambahnya banyak siswa menjadikan guru bahasa arab khususnya menambah metode pembelajaran yang ada untuk meningkatkan proses belajar dan mengajar yang ada. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui proses penerapan metode Mimicry Memorization dalam pembelajaran mufradat bahasa arab siswa kelas X MA Mualimat Al-Chusainiyyah Kota Malang. 2) Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan metode Mimicry Memorization dalam pembelajaran mufradat bahasa arab siswa kelas X MA Mualimat Al-Chusainiyyah Kota Malang. 3) Untuk memaparkan manfaat penerapan metode Mimicry Memorization dalam pembelajaran mufradat bahasa arab siswa kelas X MA Mualimat Al-Chusainiyyah Kota Malang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian lapangan atau disebut dengan field research. Untuk memperoleh data Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, variasi pendekatan nonetnografis, yang dikumpulkan dengan wawancara, pengumpulan dokumen, dan observasi. Hasil penelitian adalah: 1) Penerapan Metode Mimicry Memorization Dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas X MA Mualimat Al-Chusainiyyah Kota Malang yakni a) persiapan, b) penyampaian materi, c) evaluasi. Penerapan Metode mimicry berdasarkan pengamatan peneliti, sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Hal ini dapat dilihat dari prosedur pelaksanaan pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Kelebihan dan kekurangan Metode Mimicry Memorization Dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas X MA Mualimat Al-Chusainiyyah Kota Malang. Kelebihan dalam metode Mimicry Memorization yakni a) antara guru dengan peserta didik lebih akrab. b) siswa lebih berani dan tidak malu untuk bertanya. c) metodenya mudah diaplikasikan. d) metodenya menyenangkan dan tidak membosankan. e) metodenya cepat untuk menghafal. 3) Manfaat Metode Mimicry Memorization Dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Siswa Kelas X MA Mualimat Al-Chusainiyyah Kota Malang. Kata Kunci: Metode Mimicry Memorization, Pembelajaran Mufradat Bahasa Araben_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode Mimicry Memorizationen_US
dc.subjectPembelajaran Mufradat Bahasa Araben_US
dc.titlePenerapan Metode Mimicry Memorization dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Siswa di MA Mualimat Al-Chusainiyyah Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record