Show simple item record

dc.contributor.authorJamaluddin
dc.date.accessioned2024-07-19T01:15:20Z
dc.date.available2024-07-19T01:15:20Z
dc.date.issued2023-07-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9873
dc.description.abstractMetode merupakan salah satu unsur yang diperlukan dalam mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Arab dan banyak sekali variasi yang bisa diterapkan guru guna untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Arab. Adapun salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru dengan metode tanya jawab, dengan penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran Bahasa Arab diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Karena metode tanya jawab ini merupakan metode yang tidak hanya komunikasi satu arah akan tetapi bisa dua ataupun tiga arah. Di samping itu, metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan siswa tidak hanya menjadi pendengar saja akan tetapi mereka ikut aktif di dalamnya. Dan mengigat, betapa pentingnya penggunaan metode dalam kegiatan belajar mengajar khususnya untuk mencapai tujuan pembelajaran maka penulis tertarik untuk membahas tentang "Signifikansi Penggunaan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Di MA Mansyaul Ulum Gondanglegi”. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode tanya jawab di MA Mansyaul Ulum Gondanglegi, untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengefektifkan pembelajaran Bahasa Arab melalui metode tanya jawab. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel penelitian yaitu 2 guru Bahasa Arab, 89 siswa-siswi yang terdiri dari kelas X, XI. Penelitian ini menggunakan purpose sampling (sampel yang berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu), sedangkan untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab sudah terlaksanakan, serta penggunaan metode tanya jawab memberikan pengaruh atau peran dalam efektivitas pembelajaran Bahasa Arab baik itu bagi guru dan siswa., Pelaksanaan metode tanya jawab di MA Mansyaul Ulum Gondanglegi adalah: (a). Dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan terhadap siswa yang sesuai dengan materi yang dipelajarinya.(b). selain itu, pelaksanaan metode tanya jawab juga dikaitkan dengan pelajaran yang telah lalu juga. (c). Siswa juga diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan terhadap gurunya, mengenai meteri yang belum bisa difahami. Upaya guru untuk mengefektifkan pembelajaran Bahasa Arab melalui metode tanya jawab adalah sebagai berikut: (a). upaya yang dilakukan dengan tidak memberikan pertanyaan yang hanya terfokus pada jawaban “Ya" akan tetapi lebih kepada bagaiamana siswa dalam proses berpikir. (b). upaya yang dilakukan dengan tidak memberikan pertanyaan pada siswa yang bersifat hafalan, karena kalau hal itu dilakukan dan siswa tidak hafalan akan menghambat kefektifan dari penggunaan metode tanya jawab itu sendiri. Kata Kunci: Signifikansi, Metode Tanya Jawab dan Efektifitasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectSignifikansien_US
dc.subjectMetode Tanya Jawaben_US
dc.subjectEfektifitasen_US
dc.titleEfektifitas Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Araben_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record