Show simple item record

dc.contributor.authorHudaya, Wafiqni Lil
dc.date.accessioned2024-08-05T12:07:04Z
dc.date.available2024-08-05T12:07:04Z
dc.date.issued2024-07-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9977
dc.description.abstractPendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan individu seseorang. Dengan pendidikan itu dapat menentukan arah dan masa depan. anak dengan kebutuhan khusus pun juga tetap memiliki kesempatan menentukan masa depan. Mengajar anak dengan berkebutuhan khusus adalah mereka yang memiliki perbedaan karakteristik dari anak-anak pada umumnya. Yang mungkin mengalami gangguan emosi, fisik dan mental. Mengajar anak berkebutuhan khusus membutuhkan kesabaran, dedikasi tinggi, keterapilan khusus dalam pembelajaran, pemahaman yang baik tentang psikologi anak. Serta harus mempunyai inisiatif pembelajaran yakni salah satunya dengan menggunakan media gambar untuk menjelaskan terkait mufrodat. Seperti halnya yang dilakukan oleh SLB Autis Lab UM Malang, dalam pembelajaran bahasa Arab memakai media gambar untuk mempermudah siswa memahami mufrodat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penerapan dan peningkatan kualitas belajar dari penggunaan media gambar untuk penguasaan mufrodat dan mengetahui bagaimana kelemahan serta kelebihan penggunaan media gambar bagi siswa berkebutuhn khusus di SLB Autis Lab UM. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan media gambar yang berarti untuk memahamkan pada siswa dalam penguasaan mufrodat di SLB Autis Lab UM. Prsedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini telah ditemukan beberapa hal sebagai berikut: penerapan media gambar bagi kelas 4 dan 5 SLB Autis Lab UM memerlukan waktu dalam kurun 2 semseter untuk memahami mufrodat. Akantetapi siswa tersebut lebih baik menghafalkan daripada memahami. Mufrodat yang diajarkan oleh siswa berkebutuhan khusus lebih susah dalam memahamkan jika tidak memakai media apapun. Peningkatan mufrodat siswa kelas 4 dan 5 SLB Autis UM berjalan efektif karena dengan menggunakan media gambar. Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam menggunakna media gambar untuk peningkatan mufrodat yakni kelebihannya lebih mudah untuk difahami dan tidak membuat siswa menjadi bosan. Kekurangannya yakni lebih memerlukan banyak biaya dan berpikir keras untuk menciptakan inovasi-inovasi baru. Kata kunci: Media Gambar, Mufrodat, dan Siswa Berkebutuhan Khususen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Gambaren_US
dc.subjectMufrodaten_US
dc.subjectSiswa Berkebutuhan Khususen_US
dc.titlePenerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Kelas 4 dan 5 di SLB Autis LAB UMen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record