Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1098
Title: Implmentasi Nilai- Nilai Karakter untuk Meningkatkan Kecerdasan Spritua Siswa di SD Islam Bani Hasyim Kabupaten Malang
Authors: Aini, Maghfiroh Septian Nur
Keywords: Implementasi
Nilai Karakter
Kecerdasan Spiritual
Issue Date: 24-Jul-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penanaman nilai karakter menjadi kebutuhan pertama orang tua dan siswa. Apalagi keadaan seperti sekarang yang serba menggunakan handphone atau gadget sedikit banyak memberikan pengaruh pada tingkah laku anak terutama bagi yang sedang menempuh sekolah dasar. Padahal pembentukan karakter dilakukan pertama pada tahapan pendidikan tersebut. Dan SD Isalm Bani Hasyim menjadi salah satu sekolah yang berorientasi pada pendidikan karakter siswa melalui visi sekolah yaitu Ulul Albab. Sehingga perlu dilakukan kajian melalui hasil penilitian ini.Penelitian ini mengkaji tiga fokus utama yaitu: 1) perencanaaan implementasi nilai karakter, 2) pelaksanaan implementasi nilai karakter, dan 3) evaluasi implementasi nilai karakter di SD Isalam bani Hasyim. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis serta jenis penelitian studi kasus. Selanjutnya teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data interaktif yang mengandung unsur pengumpulan data, redusi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskrpsikan perencanaan implmentasi nilai –nilai karakter untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SD Islam Bani Hasyim Malang, 2) untuk mmendeskrpsikan pelaksanaan implementasi nilai –nilai karakter untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SD Islam Bani Hasyim Malang, 3) untuk mendeskrpisikan evaluasi implemntasi nilai –nilai karakter untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SD Islam Bani Hasyim Malang. Manfaat diadakan penelitian ini adalah : 1) Bagi akademisi sebagai sumbangsi pemikiran tentang pendidikan karakter pada siswa di era globalisasi melalui implementasi nilai karakter dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. 2) Bagi lembaga bagi lembaga SD Islam Bani Hasyim sebagai sumbangsi pemikiran mengenai implementasi nilai karakter dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa. 3) Bagi Universitas Islam Malang sebagai upaya meningkatkan kajian keilmuan dan tugas akhir mahasiswa yang bermanfaat untu semua orang.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena data-data yang diperoleh merupakan data-data yang bersifat deskriptif. Strategi yang digunakan dalam penelitian kualitatif adalah strategi penelitian lapangan atau studi kasus. Dalam penelitian ini peneliti dilapangan menjadi syarat utama, peneliti mengumpulkan data dalam latar alamiah, dimana peneliti menjadi instrumen utama. Selain itu, peneliti juga beperan sebagai perencanaan, pengumpul dan penganalisis data, dan menjadi pelapor hasil penelitian. Pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskrptif dengan cara reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, pembahasan sejawat, triangulasi dan ketekunan. Hasil penelitian di SD Islam Bani Hasyim diperoleh sebagai berikut: 1) perencanaan implementasi nilai karakter melalui sosilasisasi secara langsung dan tidak langsung, membuat komitmen dengan stakeholders, analisis kondisi sekolah, penyususnan rencana aksi, membuat rancangan dan pelaksanaan pendidikan karakter, membuat rancangan pengkondisian; 2) pelaksanaan impelementasi nilai karakter melalui pelaksanaandalam kegiatan pembelajaran melalui program keIslaman dan ketundukan, pelaksanaan kegiatan pengembangan budaya sekolah melalui doa bersama, puasa sunnah, tahfidz, dan aksi program ketundukan, pelaksanaan kegiatan kokurikuler melalui kegiatan fakultatif seperti basah-basahan dan senandung Islami, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler melalui: musisi muslim, pengrajin muslim, dan lain-lain; 3) evaluasi impelementasi nilai karakter melalui evaluasi formatif berbentuk proyek dan produk dan evaluasi sumatif dalam bentuk penampilan minat dan bakat, potensi siswa serta rekam jejak sikap/perilaku siswa.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1098
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_S1_FAI_21601013066 _MAGHFIROH SEPTIAN NUR AINI_ SKRIPSI.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka1.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.