Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1277
Title: Analisis Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 90 pada Kehidupan Sehari-hari
Authors: Atiqa, Dewi
Keywords: Analisis
Nilai-Nilai
Implementasi
Pendidikan Akhlak
Issue Date: 24-Jul-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Al-Qur’an adalah firman yang Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Jika dibaca, diibaratkan sebagai ibadah. Al-Qur’an sebagai fokus utama dalam ajaran-ajaran atau aturan-aturan dalam Islam yang merupakan sebagai pedoman maupun fondasi hidup umat muslim di dunia. Al-Qur’an bukan hanya mengkaji tentang hablum minallah (manusia dengan Tuhan), namun juga mengkaji tentang hablum minannas (manusia dengan sesama manusia), dan hablum minal alam (hubungan manusia dengan alam semesta). Pentingnya Al-Qur’an dalam pendidikan akhlak bisa diamati dari fakta tentang hal-hal yang dikemukakan oleh Nata (2005: 84) yaitu: a) Di dalam AlQur’an menyatakan macam-macam perbuatan buruk dan perbuatan baik, b) Tujuan dari Al-Qur’an salah satunya adalah membimbing muslim agar menjauhi akhlak buruk dan menjalankan akhlak yang baik. Al-Qur’an memberikan langkah-langkah melaksanakannya melalui kisah-kisah para nabi dan rasul serta para sahabat yang ada di dalam Al-Qur’an, c) Al-Qur’an juga menuturkan dan memberi anjuran berbentuk pahala bagi muslim yang berakhlak mulia (mahmudah) dan azab bagi muslim yang berakhlak tercela (madzmumah). Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian yakni tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 90 dan implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 90 pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl Ayat 90 dan implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an surat An-Nahl Ayat 90 pada kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif berjenis studi kepustakaan (library research). Prosedur pengumpulan data dilakukan memakai metode tafsir tahlili. Metode ini ialah metode yang mufassir-nya melakukan tafsir menafsir dan menjelaskan isi pokok ayat-ayat Al-Qur’an yang ditinjau dari aspek-aspek yang memperhatikan rangkaian-rangkaian ayat-ayat yang ada di dalam mushaf. Dari penelitian ini, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam perspektif AlQur’an surat An-Nahl ayat 90 yaitu memerintahkan manusia memiliki sikap adil, selalu berbuat kebajikan, membatu kerabat, melarang berbuat keji, kemungkaran dan permusuhan agar tercipta perdamaian dan kerukunan antar sesama manusia di muka bumi ini dan mendapatkan ridho dari Allah SWT untuk mendapatkan surganya. Implementasi pendidikan akhlak dalam perspektif Al-Qur’an Surat AnNahl Ayat 90 pada kehidupan sehari-hari yakni berawal dari sebuah pendidikan. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi manusia, maka hal yang harus ditempuh bahkan merupakan sebuah kewajiban adalah menuntut ilmu atau mendapatkan pendidikan. Seseorang yang dapat menerapkan akhlak-akhlak yang ada dalam surat An-Nahl ayat 90 merupakan mereka yang memperoleh pendidikan mengenai akhlak-akhlak tersebut, sehingga mereka mengetahui mana akhlak yang harus diterapkan dan ditinggalkan dalam kehidupannya sehingga dapat berinteraksi dengan baik terhadap sesama makhluk ciptaan Allah SWT.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1277
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_S1_PAI_DEWI ATIQA_21601011181.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka2.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.