Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1382
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAstantri, Nur Adinda-
dc.date.accessioned2021-01-11T03:02:37Z-
dc.date.available2021-01-11T03:02:37Z-
dc.date.issued2020-07-18-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1382-
dc.description.abstractBeberapa tahun terakhir, dapat dilihat berbagai macam problematika yang dihadapi oleh dunia pendidikan di Indonesia, salah satunya dalam bidang keagamaan terkait dengan toleransi beragama yang juga menjadi sorotan. Salah satu faktornya yang sangat penting untuk diperhatikan ialah nilai-nilai, terutama nilai-nilai toleransi beragama. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan sikap toleransi beragama guru agama Islam pada siswa di SMA Negeri 1 Turen Malang, 2) Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk upaya guru agama Islam dalam mengimplementasikan nilai-nilai toleransi beragama pada siswa di SMA Negeri 1 Turen Malang, 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam upaya mengimplementasikan nilai-nilai toleransi beragama pada siswa di SMA Negeri 1 Turen Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari naskah wawancara, foto, audio, dokumen pribadi, catatan, serta dokumen resmi lainnya. Dalam hal ini, peneliti berperan sebagai partisipan sepenuhnya atau instrumen sepenuhnya, dimana peneliti merupakan perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis, penafsir data, dan membuat kesimpulan akhir penelitian serta melaporkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Guru Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Toleransi Beragama Pada Siswa di SMA Negeri 1 Turen dinilai sangat baik. Karena dalam pelaksanaannya guru agama Islam dalam upayanya mengimplementasikan nilai-nilai toleransi beragama salah satunya disampaikan di dalam kelas, dengan harapan siswa dapat membiasakan hidup toleran dalam kehidupan sehari-hari. Karena tertanamnya sikap toleran di sekolah merupakan pembiasaan pada diri siswa baik di sekolah, rumah maupun di masyarakat. Selain itu, sikap toleran memberi dampak yang sangat baik dan bermanfaat dalam penciptaan suasana harmonis di SMA Negeri 1 Turen Malang. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai Toleransi Beragamaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectNilai-nilaien_US
dc.subjectToleransi Beragamaen_US
dc.titleUpaya Guru Agama Islam dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Toleransi Beragama pada Siswa di SMA Negeri 1 Turen Malangen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21601011149_NUR ADINDA ASTANTRI.pdf1.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.