Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1547
Title: Peran Pengurus Cabang Ipnu dalam Menumbuhkan Minat Berorganisasi Berlandaskan Nilai – Nilai Aswaja An – Nahdliyyah di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asyári Kota Batu
Authors: Andriyansa, Aldy Candra
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Peran PC IPNU
Meningkatkan Minat Organisasi
Nilai – Nilai Aswaja
Issue Date: 6-Jan-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat berorganisasi di kalangan pelajar, khususnya organisasi yang berhaluan Ahlisunnah Wal jamaah, melalui program Makesta diharapakan dapat menumbuhkan minat organisasi bagi para pelajar, organiasi IPNU yang berfahamkan Ahlisunnah Waljamaah An-Nahdliyah merupakan salah satu wadah untuk berorganisasi bagi para pelajar. Melalui kegiatan makesta para pelajar terus dipompa untuk menyerap pengetahuan baru dan mengembangkan potensi dalam diri mereka. Hal inilah sebagai salah satu cara efektif yang dilakukan IPNU untuk menumbuhkan semangat beroganisasi yang berlandaskan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah di kalangan pelajar khususnya di MTs Hasyim Asyari Batu dan umunya untuk para pelajar se kota Batu. Fokus penelitian yang diteliti adalah tentang peran pengurus cabang IPNU dalam menumbuhkan minat berorganisasi berlandaskan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyyah di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu, pelaksanaan peningkatkan minat berorganisasi berlandaskan nilai-nilai Aswaja An- Nahdliyyah di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu oleh PC IPNU, implikasi dari menumbuhkan minat berorganisasi berlandaskan nilai-nilai Aswaja An- Nahdliyah di MTs HasyimAsy’ari Kota Batu oleh PC IPNU Kota Batu Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai tugas PC IPNU Kota Batu di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu, mengetahui pelaksanaan peningkatkan minat berorganisasi berlandaskan nilai-nilai Aswaja An- Nahdliyyah di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu oleh PC IPNU, mengetahui implikasi dari menumbuhkan minat berorganisasi berlandaskan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu oleh PC IPNU Kota Batu Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab, dan dokumentasi kegiatan, dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peran PC IPNU kota dalam dalam meningkatkan minat berorganisasi berlandaskan nilai nilai Aswaja An Nahdliyyah, dapat dilaksanakan melalui kegiatan Makesta yang didalamnya terdapat materi tentang berorganisasi, kepemimpinan dan Aswaja, setelah kegiatan makesta telah dilaksanakan penilaian atau dampak apa yang telah didapatkan oleh peserta Makesta dan memberikan dampak yang positif bagi para peserta Makesta. Pelaksanaan Makesta yang dilaksanakan di MTs memiliki tujuan utama untuk meningkatkan minat berorganisasi para pelajar, khususnya di MTs Hasyim Asyari dan umumnya untuk pelajar keseluruhan. Pendampingan dari Pembina Komisariat dan Pengurus PC IPNU juga sangat perlu untuk dilakukan, agar nantinya ilmu yang didapat dari kegiatan Makesta ini dapat dilaksanakan secara maksimal, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu bagi pihak sekolah harus melakukan pengawasan dan koordinasi antar Pembina komisariat dan Pengurus Komisariat agar ilmu yang telah diperoleh dapat maksimal di praktekakan dan membawa dampak menarik atau mnumbuhkan minat berorganisasi bagi pelajar lain yang belum mengikuti IPNU dan Maketsa, dan juga untuk Pengurus PC IPNU harus sering memonitoring para anggota Komisariat. Kata Kunci : Peran PC IPNU, Meningkatkan Minat Organisasi, Nilai – Nilai Aswaja.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1547
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21601011244_ALDY CANDRA ANDRIYANSA.pdf1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.