Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2019
Title: Terapi dengan Dinydroartemisinin Piperaquine (DHP) dapat Mencegah Terjadinya Anemia Tetapi Tidak Dapat Mencegah IUGR pada Mencit Bunting yang di Infeksi Plasmodium berghei
Authors: Andriana, Diah
Keywords: Plasmodium berghei
DHP
Anemia
IUGR
Issue Date: 20-Mar-2018
Publisher: Faculty of Medical and Health Sciences, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Series/Report no.: Journal of Islamic Medicine;Vol.2, Issue 1, Page 50-56
Abstract: Infeksi malaria dengan Plasmodium falciparum selama kehamilan berhubungan dengan infeksi pada plasenta dan dampak buruk yang luas pada ibu maupun janin yang dikandungnya meliputi salah satunya anemia pada ibu hamil sedangkan pada janin terjadinya IUGR. Delapan belas mencit bunting yang di infeksi Plasmodium berghei di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok perlakuan yang diterapi DHP. Mencit di bedah setelah hari ke 18 paska infeksi. Anemia di periksa dengan melihat Hb dan IUGR di periksa dengan meninbang janin. Hasil di dapatkan bahwa terapi DHP pada mencit bunting yang di infeksi Plasmodium berghei dapat mencegah terjadinya anemia (thitung = 1,45 ≥ ttabel = 1,96) tetapi tidak dapat mencegah terjadinya IUGR (thitung = 1,90 ≥ ttabel = 1,96). Kesimpulan terapi DHP pada mencit yang di infeksi Plasmodium berghei dapat mencegah terjadinya anemia tetapi dapat menyebabkan janin mengalami IUGR.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from: Journal of Islamic Medicine (Faculty of Medical and Health Sciences, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
URI: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jim/article/view/6335
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2019
ISSN: 2550-0074
Appears in Collections:LP - Medical Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
dr.diah-6335-17388-1-SM.pdfDocument354.94 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.