Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2166
Title: Kompetensi Kepala Sekolah Sebagi Leader Dalam Meningkatkan Pendidikan Mutu Pendidikan Agama Islam; Studi di Sekolah Dasar Al-Ma’arif 02 Singosari Malang
Authors: Bakri, Maskuri
Hosna, Rofiatul
Keywords: Kompetensi Kepala Sekolah
Mutu Pendidikan Islam
Issue Date: 2-Jul-2020
Publisher: Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman
Series/Report no.: Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman;Volume 31, Nomor 2, Juli 2020
Abstract: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, kepribadian, pemahaman visi dan misi, sistem pengambilan keputusan, dan komunikasi kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam di Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, analisisnya menggunakan teknik analisisnya Milles dan Huberman. Hasilnya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat berkaitan erat kemampuan kompetensi kepala sekolah sebagai leader. Di SDI Al-Ma’arif 02 membuktikan bahwa kepala sekolah saat ini mempu meningkatkan mutu PAI karena mempunyai kompetensi leader yang baik, yaitu kepribadian berlandaskan kompetensi nilai-nilai Islam, kemampuan mengambil keputusan yang memuasaka semua pihak, pemahaman pengembagangan visi, misi dan tujuan strategis pembelajaran PAI dan kelembagaan serta pelaksanan program peningkatan mutu guru-guru PAI. Kompetensi ini terlihat dari kemampuan SDI Al-Ma’arif 02 menghasilkan lulusan yang kualitas keagamaannya tinggi serta menjalin sinergi antara pihak lembaga dan masyarakat.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article From: Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman
URI: https://www.ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/1257
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2166
ISSN: 1411-9919
Appears in Collections:LP - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1257-Article Text-4047-4-10-20200801.pdf921.27 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.