Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2284
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFaradiba, Surya Sari-
dc.contributor.authorHasana, Siti Nurul-
dc.contributor.authorSari, Okta Pita Dian-
dc.date.accessioned2021-11-03T01:51:01Z-
dc.date.available2021-11-03T01:51:01Z-
dc.date.issued2021-08-12-
dc.identifier.issn2614-6673-
dc.identifier.urihttps://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/matappa/article/view/1091-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2284-
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from : MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakaten_US
dc.description.abstractPengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang dyscalculia pada guru SDN Pisang Candi 3 Malang. Kegiatan pengabdian terdiri dari pelatihan dan pendampingan. Materi pelatihan yang diberikan meliputi diagnosis Dyscalculia berdasarkan DSM V, ciri-ciri umum siswa dengan dyscalculia, dan terapi tindak lanjut bagi siswa dyscalculia. Sementara itu, materi pendampingan terkait deteksi dini dyscalculia dengan bantuan Dyscalculia Detection Card (DDC) yang telah dikembangkan oleh tim pengabdi. DDC merupakan flash card yang terdiri dari 5 seri, meliputi: (1) kemampuan membedakan kanan dan kiri; (2) pemahaman prinsip kardinalitas; (3) pemahaman konsep lebih dari, kurang dari dan sama dengan; (4) kemampuan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan sederhana; (5) kemampuan melakukan operasi perkalian dasar. Siswa yang membutuhkan tindak lanjut adalah siswa yang tidak memenuhi kriteria skor lebih dari 75 dalam tiga kali tes yang dilaksanakan dalam kondisi lingkungan yang berbeda. Hasil dari kegiatan ini, 13 orang guru yang telah mengikuti pelatihan dan pendampingan mampu praktik deteksi dini dyscalculia pada 35 siswa, dimana 4 orang siswa diantaranya membutuhkan tindak lanjut karena menunjukkan tanda-tanda awal dyscalculia.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherSTKIP Andi Matappa Pangkepen_US
dc.relation.ispartofseriesMATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat;Vol. 4 No. 3, p. 346-352-
dc.subjectPelatihanen_US
dc.subjectPendampinganen_US
dc.subjectDyscalculiaen_US
dc.titlePelatihan dan Pendampingan Deteksi Dini Dyscalculia pada Guru Menggunakan Dyscalculia Detection Card (DDC)en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LPP - Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1091-4385-1-PB.pdfDocument536 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.