Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2287
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFaradiba, Surya Sari-
dc.contributor.authorHasana, Siti Nurul-
dc.date.accessioned2021-11-03T02:30:48Z-
dc.date.available2021-11-03T02:30:48Z-
dc.date.issued2021-08-
dc.identifier.issn2614-5758-
dc.identifier.urihttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5041-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2287-
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from : JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)en_US
dc.description.abstractDyscalculia dialami 3-7% populasi dunia. Siswa dyscalculia akan mengalami penurunan prestasi akademik yang signifikan. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan ketrampilan delapan orang guru SD Negeri Pisangcandi 3 Malang dalam mengenali gejala awal dyscalculia. Semakin awal siswa menyadari dyscalculia yang dialaminya, maka akan semakin mudah mengatasinya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka tim pengabdi menggunakan metode pelatihan dyscalculia screening pada bulan Februari 2021 secara daring dan luring dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan pelatihan diawali dengan memberikan angket terkait konsep dyscalculia. Selanjutnya, pada sesi terakhir pelatihan, tim pengabdi memberikan angket berbeda dengan topik yang sama. Hasil akhir kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa semua peserta pelatihan telah mengikuti kegiatan secara utuh dengan baik. Peningkatan pemahamanan guru dapat dilihat dari hasil angket awal dengan nilai rata-rata 57,5 menjadi 79,5 di akhir pelatihan. Angket awal dan akhir memuat pertanyaan yang berbeda, namun dibangun dari indikator yang sama. Sebelum digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat, angket telah melalui proses validasi oleh tiga orang ahli. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman guru rata-rata sebesar 22%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Mataramen_US
dc.relation.ispartofseriesJMM (Jurnal Masyarakat Mandiri);Vol. 5, No. 4, p. 1346-1356-
dc.subjectDyscalculiaen_US
dc.subjectPelatihanen_US
dc.subjectScreeningen_US
dc.titlePeningkatan Softskill Guru Sekolah Dasar Dalam Mengenali Gejala Awal Dyscalculia Melalui Pelatihan Dyscalculia Screeningen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LPP - Mathematics Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
5041-17387-1-SM.pdfDocument449.34 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.