Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2379
Title: | Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga |
Authors: | Setiawan, Yayan Eryk |
Keywords: | Kesebangunan Dua Segitiga Kemampuan dalam Pembuktian |
Issue Date: | 28-Mar-2020 |
Publisher: | IAIN Palopo |
Series/Report no.: | Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam;Vol.8, No.1, p.23-38 |
Abstract: | Pembelajaran matematika di SMP tidak terlepas dari pembuktian termasuk kesebangunan dua segitiga. Penelitian ini menganalisis kemampuan siswa dalam membuktikan kesebangunan dua segitiga. Prosedur yang digunakan (1) mengelompokkan jawaban 51 siswa berdasarkan kategori mampu, kurang mampu dan belum mampu, (2) menganalisis kemampuan pembuktian berdasarkan pengetahuan matematis dasar, representasi bukti, serta asumsi yang digunakan. Diperoleh hasil bahwa (1). siswa yang mampu membuktikan memiliki pengetahuan dasar teorema Pythagoras, operasi aljabar, dan prinsip kesetaraan, representasi yang digunakan berupa bukti simbolis dan formal, asumsi yang digunakan adalah logis. (2) Siswa yang kurang mampu membuktikan memiliki pengetahuan dasar kesebangunan, perbandingan, dan prinsip kesetaraan, representasi yang digunakan adalah bukti visual dan formal, asumsi yang digunakan adalah logis. (3) Siswa yang belum mampu membuktikan memiliki pengetahuan dasar yang tidak relevan dalam mendukung pembuktian, representasi yang digunakan adalah bukti simbolis, tetapi salah dalam manipulasi aljabar dan bukti tidak formal, asumsi siswa kurang atau tidak logis. |
Description: | [ARCHIVES] Copyright Article from : Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
URI: | http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/800 http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2379 |
ISSN: | 2541-6499 |
Appears in Collections: | LP - Mathematic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
800-3013-2-PB.pdf | Document | 548.26 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.