Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2379
Title: Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga
Authors: Setiawan, Yayan Eryk
Keywords: Kesebangunan Dua Segitiga
Kemampuan dalam Pembuktian
Issue Date: 28-Mar-2020
Publisher: IAIN Palopo
Series/Report no.: Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam;Vol.8, No.1, p.23-38
Abstract: Pembelajaran matematika di SMP tidak terlepas dari pembuktian termasuk kesebangunan dua segitiga. Penelitian ini menganalisis kemampuan siswa dalam membuktikan kesebangunan dua segitiga. Prosedur yang digunakan (1) mengelompokkan jawaban 51 siswa berdasarkan kategori mampu, kurang mampu dan belum mampu, (2) menganalisis kemampuan pembuktian berdasarkan pengetahuan matematis dasar, representasi bukti, serta asumsi yang digunakan. Diperoleh hasil bahwa (1). siswa yang mampu membuktikan memiliki pengetahuan dasar teorema Pythagoras, operasi aljabar, dan prinsip kesetaraan, representasi yang digunakan berupa bukti simbolis dan formal, asumsi yang digunakan adalah logis. (2) Siswa yang kurang mampu membuktikan memiliki pengetahuan dasar kesebangunan, perbandingan, dan prinsip kesetaraan, representasi yang digunakan adalah bukti visual dan formal, asumsi yang digunakan adalah logis. (3) Siswa yang belum mampu membuktikan memiliki pengetahuan dasar yang tidak relevan dalam mendukung pembuktian, representasi yang digunakan adalah bukti simbolis, tetapi salah dalam manipulasi aljabar dan bukti tidak formal, asumsi siswa kurang atau tidak logis.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
URI: http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/800
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2379
ISSN: 2541-6499
Appears in Collections:LP - Mathematic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
800-3013-2-PB.pdfDocument548.26 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.