Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2388
Title: Terapi Fobia Matematika Menggunakan Multimedia “Digimonica” di SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu
Authors: Rosikin, Ainur
Arianto, Yoga Klody
Pramawanda, Nanda Amaliah
Fathani, Abdul Halim
Keywords: Multimedia
Digimonica
Terapi Matematika
Fobia Matematika
Issue Date: Jun-2020
Publisher: IAIN Tulungagung
Series/Report no.: Jurnal Tadris Matematika;Vol. 3 (1), p. 105-116
Abstract: Tujuan penelitian ini untuk mengatasi siswa yang mengalami fobia matematika dengan melakukan terapi matematika. Terapi matematika yang dilakukan ini menggunakan multimedia “digimonica.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian tindakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah 13 siswa Kelas XI SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu yang memiliki fobia matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Proses penelitian tindakan dimulai dengan identifikasi masalah, yakni tingkat fobia matematika siswa. Proses ini dilakukan dengan melakukan pretest, selanjutnya peneliti melakukan tindakan terapi matematika dengan multimedia “digimonica” sebagai upaya mengatasi fobia matematika siswa, kemudian diakhiri dengan melakukan posttest. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, diperoleh data perubahan tingkat fobia matematika siswa. Dalam kondisi awal, ada tiga kategori siswa yang fobia matematika (ringan, sedang, tinggi), sedangkan kondisi setelah dilakukan terapi matematika, tingkat fobia matematika menurun (ringan dan sedang). Secara umum, rata-rata siswa berhasil menjawab lebih dari 2 soal dengan benar. Hal ini membuktikan bahwa terapi dengan menggunakan multimedia “digimonica” dapat membantu siswa untuk mengurangi tingkat fobia matematika.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Jurnal Tadris Matematika
URI: http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jtm/article/view/3068
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2388
ISSN: 2621-4008
Appears in Collections:LP - Mathematic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
3068-Article Text-8752-2-10-20200930.pdfDocument481.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.