Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2388
Title: | Terapi Fobia Matematika Menggunakan Multimedia “Digimonica” di SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu |
Authors: | Rosikin, Ainur Arianto, Yoga Klody Pramawanda, Nanda Amaliah Fathani, Abdul Halim |
Keywords: | Multimedia Digimonica Terapi Matematika Fobia Matematika |
Issue Date: | Jun-2020 |
Publisher: | IAIN Tulungagung |
Series/Report no.: | Jurnal Tadris Matematika;Vol. 3 (1), p. 105-116 |
Abstract: | Tujuan penelitian ini untuk mengatasi siswa yang mengalami fobia matematika dengan melakukan terapi matematika. Terapi matematika yang dilakukan ini menggunakan multimedia “digimonica.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, jenis penelitian tindakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah 13 siswa Kelas XI SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu yang memiliki fobia matematika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Proses penelitian tindakan dimulai dengan identifikasi masalah, yakni tingkat fobia matematika siswa. Proses ini dilakukan dengan melakukan pretest, selanjutnya peneliti melakukan tindakan terapi matematika dengan multimedia “digimonica” sebagai upaya mengatasi fobia matematika siswa, kemudian diakhiri dengan melakukan posttest. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, diperoleh data perubahan tingkat fobia matematika siswa. Dalam kondisi awal, ada tiga kategori siswa yang fobia matematika (ringan, sedang, tinggi), sedangkan kondisi setelah dilakukan terapi matematika, tingkat fobia matematika menurun (ringan dan sedang). Secara umum, rata-rata siswa berhasil menjawab lebih dari 2 soal dengan benar. Hal ini membuktikan bahwa terapi dengan menggunakan multimedia “digimonica” dapat membantu siswa untuk mengurangi tingkat fobia matematika. |
Description: | [ARCHIVES] Copyright Article from : Jurnal Tadris Matematika |
URI: | http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jtm/article/view/3068 http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2388 |
ISSN: | 2621-4008 |
Appears in Collections: | LP - Mathematic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
3068-Article Text-8752-2-10-20200930.pdf | Document | 481.36 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.