Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2417
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Setiawan, Yayan Eryk | - |
dc.contributor.author | Mustangin | - |
dc.date.accessioned | 2021-11-09T03:09:48Z | - |
dc.date.available | 2021-11-09T03:09:48Z | - |
dc.date.issued | 2020-09-22 | - |
dc.identifier.issn | 2442-5419 | - |
dc.identifier.uri | https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/2917 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2417 | - |
dc.description | [ARCHIVES] Copyright Article from : AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika | en_US |
dc.description.abstract | Salah satu upaya untuk mengatasi kesalahan konsep yang dialami oleh siswa maupun mahasiswa adalah dengan mengembangkan model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa model pembelajaran IDEA ini telah valid secara teoritis. Sebagai penelitian lanjutan, maka perlu diadakan uji coba lapangan dari model pembelajaran IDEA yang telah valid secara teoritis untuk mengetahui kepraktisan model pembelajaran IDEA. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan model pembelajaran IDEA dalam pembelajaran Matematika. Metode penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Hasil yang dibahas dalam penelitian ini fokus pada hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang merupakan bagian dari pengembangan model pembelajaran IDEA. Dari hasil uji coba kelompok kecil diperoleh masukan-masukan yang digunakan untuk merevisi lembar kerja mahasiswa dan menambahkan kegiatan-kegitan pada sintaks model pembelajaran IDEA. Dari hasil uji coba kelompok besar diperoleh tingkat kepraktisan model pembelajaran IDEA adalah tinggi, yaitu sebesar 73,47% yang berarti bahwa model pembelajaran IDEA praktis untuk dilaksanakan dalam pembelajaran matematika. Selain itu, melalui uji coba kelompok besar diperoleh kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran IDEA. Kelebihan model pembelajaran IDEA yaitu dapat meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep, kreativitas, dan membuat suasana belajar menyenangkan. Sedangkan kekurangan model pembelajaran IDEA yaitu membutuhkan waktu yang relatif lama. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Metro | en_US |
dc.relation.ispartofseries | AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika;Vol. 9, No. 3, p. 776-788 | - |
dc.subject | Kepraktisan | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran IDEA | en_US |
dc.subject | Pemahaman Konsep | en_US |
dc.subject | Uji Coba Model | en_US |
dc.title | Kepraktisan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Aplly) dalam Pembelajaran Matematika | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | LP - Mathematic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
2917-9146-1-PB.pdf | Document | 706.36 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.