Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2421
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSetiawan, Yayan Eryk-
dc.date.accessioned2021-11-09T03:29:11Z-
dc.date.available2021-11-09T03:29:11Z-
dc.date.issued2020-09-30-
dc.identifier.issn2527-8827-
dc.identifier.urihttps://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n3_02-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2421-
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from : Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematikaen_US
dc.description.abstractMasih banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menggeneralisasi pola linier yang disebabkan fokus pada data numerik. Siswa-siswa yang mengalami kesalahan ini penting diberikan kesempatan kembali untuk memperbaiki kesalahan dalam menggeneralisasi pola linier. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir siswa dalam memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus terhadap 2 siswa kelas VIII sekolah menengah pertama yang berhasil memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis proses berpikir dalam memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier, yaitu memperbaiki dengan menguji dan mencoba, serta memperbaiki dengan mengganti strategi generalisasi. Proses memperbaiki dengan menguji dan mencoba terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap mencari beda, tahap menguji, dan tahap mencoba. Proses memperbaiki dengan mengganti strategi generalisasi terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap mencari beda, tahap mengganti strategi generalisasi, dan tahap menemukan rumus suku ke-n. Cara yang paling efektif untuk memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier adalah dengan cara mengganti strategi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherInstitut Pendidikan Indonesia Garuten_US
dc.relation.ispartofseriesMosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika;Vol 9, No. 3, p. 371-382-
dc.subjectGeneralisasi Pola Linieren_US
dc.subjectMemperbaiki Kesalahanen_US
dc.subjectProses Berpikiren_US
dc.titleProses Berpikir Siswa dalam Memperbaiki Kesalahan Generalisasi Pola Linieren_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LP - Mathematic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
751-2807-1-PB.pdfDocument1.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.