Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2425
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Setiawan, Yayan Eryk | - |
dc.date.accessioned | 2021-11-09T06:47:05Z | - |
dc.date.available | 2021-11-09T06:47:05Z | - |
dc.date.issued | 2021-01-17 | - |
dc.identifier.issn | 2549-3639 | - |
dc.identifier.uri | https://journal.unsika.ac.id/index.php/supremum/article/view/4531 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2425 | - |
dc.description | [ARCHIVES] Copyright Article from : SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan mahasiswa semester pertama dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap 5 mahasiswa semester pertama program studi pendidikan matematika yang mengalami kesalahan dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. Instrumen penelitian ini terdiri dari satu soal tentang nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari hasil pekerjaan dan transkrip hasil wawancara dengan subjek. Analisis data hasil pekerjaan dilakukan dengan menglasifikasikan kesalahan subjek. Sedangkan transkrip hasil wawancara dianalisis dengan pengkodean untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan oleh subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kesalahan dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa, yaitu kesalahan prinsip dan kesalahan fakta. Kesalahan prinsip adalah kesalahan dalam menggunakan cara untuk menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa yang disebabkan lupa dan kurang teliti dalam menggunakan cara untuk menyelesaikan soal. Kesalahan fakta adalah kesalahan dalam memahami informasi dalam soal yang disebabkan terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Peneliti merekomendasikan kepada guru atau dosen untuk meminta siswa atau mahasiswa lebih teliti dan tidak terburu-buru dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Singaperbangsa Karawang | en_US |
dc.relation.ispartofseries | SJME (Supremum Journal of Mathematics Education);Vol.5, No.1, p. 110-121 | - |
dc.subject | Kesalahan Fakta | en_US |
dc.subject | Kesalahan Prinsip | en_US |
dc.subject | Sudut Istimewa | en_US |
dc.subject | Trigonometri | en_US |
dc.title | Analisis Kesalahan Mahasiswa Semester Pertama dalam Menentukan Nilai Fungsi Trigonometri Sudut Istimewa | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | LP - Mathematic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
4531-Article Text-11665-1-10-20210129.pdf | Document | 524.98 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.