Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2581
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKurniawan, Citra-
dc.contributor.authorZakaria, Zuhkhriyan-
dc.date.accessioned2021-11-18T03:20:30Z-
dc.date.available2021-11-18T03:20:30Z-
dc.date.issued2021-07-
dc.identifier.issn2548-821X-
dc.identifier.urihttps://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/1721-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2581-
dc.description[ARCHIVES] Copyright Article from : JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMAen_US
dc.description.abstractMempertimbangkan perubahan orientasi pembelajaran yang cepat menuju pembelajaran berbasis digital maka diperlukan validasi kesiapan pembelajaran online. Beberapa penelitian terdahulu telah membahas bagaimana pentingnya pengukuran kesiapan pembelajaran online namun masih sedikit sekali yang membahas terkait pendekatannya dengan data demografis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian perkembangan dan validasi kesiapan pembelajaran online untuk mengevaluasi seberapa siapkah mahasiswa menghadapi pembelajaran online. Penelitian ini melibatkan 450 mahasiswa dari dua perguruan tinggi yang terdiri dari 122 laki-laki dan 328 perempuan. Tiga tahap penelitian meliputi uji reliabilitas, uji validitas dan eksplorasi data demografis berdasarkan hasil validasi pengukuran kesiapan pembelajaran online. Penelitian ini menjawab tiga pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana reliabilitas pengukuran kesiapan pembelajaran online?; (2) Bagaimana validitas pengukuran kesiapan pembelajaran online?; (3) Bagaimana data demografis terhadap kesiapan pembelajaran online?. Penelitian ini melalui tahapan validasi secara sistematis dan menemukan bahwa pengukuran kesiapan pembelaran online memenuhi syarat reliabel dan validitas. Sedangkan pada hasil explorasi data demografis ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan perbedaan jenis kelamin terhadap kesiapan pembelajaran online. Namun lebih lanjut pada perbedaan latar belakang studi menyajikan hasil yang berbeda dimana latar belakang program studi memberikan hasil positif terhadap beberapa aspek kesiapan pembelajaran online.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherIKIP PGRI Bojonegoroen_US
dc.relation.ispartofseriesJURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA;Vol.8, No.2, p. 95-116-
dc.subjectKesiapan Pembelajaran Onlineen_US
dc.subjectDemografisen_US
dc.subjectValiditasen_US
dc.subjectReliabilitasen_US
dc.titlePengembangan Pengukuran Kesiapan Pembelajaran Online dengan Pendekatan Data Demografisen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LP - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1721-4516-3-PB.pdfDocument944 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.