Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2695
Title: Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( Studi Etnografi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Ngoro Kabupaten Jombang)
Authors: Hakim, Dhikrul
Keywords: Pendidikan Islam Multikultural
Internalisasi Nilai
Nilai Multikultural
Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Issue Date: 20-Apr-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam proses pembelajaran PAI. Proses internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran PAI. Model internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Ngoro. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan etnografi realis Crasswell. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis J.Spreadly, yang melakukan analisis dengan empat langkah yakni analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Sedangkan Teknik uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil Penelitian ini adalah pertama nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam proses pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Ngoro adalah nilai jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif. Kedua proses internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Ngoro Jombang melalui tiga proses berbeda dalam internalisasi nilai ini yakni proses melalui keteladanan, guru menjadi model atau suri teladan bagi siswa. Melalui Pembiasaan, doa di awal pelajaran, pembiasaan sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, dan sholat jum’at berjamaah, budaya hidup bersih dan sehat, budaya 3S (Senyum,Salam,Salim). Membudayakan sikap terampil dan mandiri. Melalui kesetaraan dalam pergaulan dengan sikap demokratis, sikap kebersamaan, sikap menghargai perbedaan dan keragaman dalam pergaulan. ketiga model internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran PAI di SMK Muhamadiyah 1 Ngoro Jombang berdasarkan data dan analisis peneliti. Temuan teoritik penelitian ini bahwa internalisasi nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran PAI di SMK Muhamadiyah 1 Ngoro Jombang adalah Model Lintas Budaya dan Agama ( Cross Culture and Religion). Ada tiga bentuk yakni dengan proses pembelajaran PAI dengan memasukkan kurikulum K13 pada mata pelajaran dengan nilai multikultural sebagaimana dalam kompetensi inti dan kompetensi dasarnya. Dengan Pembiasaan ( habit forming) Pembelajaran yang konsisten dan terprogram: Konsisten dalam pembinaan akhlak, kemampuan bahasa dan beribadah. Terprogram menjalankan kegiatan pembinaan secara rutin dan periodik . Dengan Peneladanan. Keteladan guru dalam akhlak, adab, dan kebiasaan baik yang diajarkan dan dibiasakan dengan contoh nyata dipraktikkan siswa disekolah sampai kembali kerumah. Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Nilai Multikultural, Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2695
Appears in Collections:DT - Multicultural Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S3_PROGRAM PASCASARJANA PAI MULTIKULTURAL_21803011008_DHIKRUL HAKIM.pdf2.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.