Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2799
Title: Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius pada Siswa MI di Masa Pandemi Era Disrupsi (Studi Kasus di MI Tarbiyatus Shibyan Kemantren Paciran Lamongan)
Authors: Mukhtar, Adillah Salsabilah
Keywords: Nilai Pendidikan Karakter
Pandemi
Era Disrupsi
Issue Date: 12-Jul-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini dilakukan di MI Tarbiyatus Shibyan Kemantren. Di sekolah ini peneliti melakukan pengamatan melalui observasi yang akhirnya menemukan permasalahan tentang pendidikan karakter yang ditanamkan oleh pihak madrasah terhadap siswanya. Karakter religius yang sangat ditekankan oleh kepala sekolah kepada para siswa agar sesuai dengan visi madrasah. Pendidikan karakter menjadi hal yang penting dalam dunia pendidikan khususnya di tingkat sekolah dasar Dari latar belakang di atas maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang bagaimana desain pembelajaran MI Tarbiyatus Shibyan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di masa pandemi era disrupsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain pembelajaran MI Tarbiyatus Shibyan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di masa pandemi era disrupsi dan pelaksanaan pembelajaran menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di masa pandemi era disrupsi. Untuk mencapai tujuan di atas, maka penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yakni proses sistematis dalam mencatat dan merekam berbagai peristiwa, sikap, dan perilaku yang diamati. Metode wawancara, yakni metode pengumpulan data dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian. Dan metode dokumentasi, yakni mencari data untuk menelusuri dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan pada fokus penelitian. Sumber dokumen berupa data-data yang akurat dan legal. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, beberapa data hasil melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi yang sudah diperoleh yang kemudian peneliti rangkum menjadi satu. Menyajikan data yang diperoleh dari lokasi penelitian. Menggambar dan memfverifikasi kesimpulan dengan didukung oleh bukti-bukti informasi yang valid serta tidak berubah-ubah dikala peneliti kembali ke lapangan guna mengumpulkan informasi, sehingga kesimpulan yang dikemukakan ialah kesimpulan yang kredibel. Dalam penelitian ini, lembaga MI Tarbiyatus Shibyan mempunyai program dan pembiasan yang diberikan kepada siswa untuk membiasakan siswa mempunyai karakter religius, hal tersebut dibuktikan dengan membiasakan membaca dan menghafal Juz 30 sebagai syarat kelulusan dari madrasah. Membiasakan siswa dengan budaya salim terhadap guru ketika memasuki ruang kelas, dan juga pembiasaan membaca do’a belajar saat apel pagi. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yakni tentang langkah kedepan dari Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Shibyan semakin berkembang dan berkualitas dengan menjadikan siswa yang berkarakter religius.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2799
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH_21701013031_Adillah Salsabi.pdf2.68 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.